Foto Bokeh di Mana Saja, Kapan Saja

Terlepas dari apa yang harus saya katakan tentang musim dingin dan pohon Natal, fotografi bokeh tidak terbatas pada interiornya. Jauh dari dia!

Berikut beberapa contohnya …

  • Cahaya non-fokus menghasilkan cahaya bokeh yang indah di latar belakang gambar, sehingga pemandangan sore atau malam hari sempurna dengan cahaya. Anda bisa mencobanya dengan lampu kota atau lampu di area pameran di kejauhan. Faktanya, setiap lampu berukuran kecil, besar, jauh dan tidak fokus, cocok untuk fotografi cahaya bokeh.
  • Hari-hari cerah yang indah juga ideal untuk mengambil gambar bokeh. Pepohonan rindang, sinar matahari dari belakang, memberikan latar belakang bokeh yang bagus.
  • Topik besar lainnya adalah riak air, sinar cahaya yang dipantulkan dari permukaan. Setiap sorotan menambahkan efek bokeh saat air tidak fokus.
  • Tetesan air pada kaca juga menghasilkan gambar bokeh yang bagus jika Anda tidak fokus saat menangkap dan memantulkan cahaya.
  • Kertas timah yang rapuh dan agak lurus memantulkan cahaya ke jutaan arah. Jika foil tidak fokus, bokeh yang bagus akan terbentuk.

Daftarnya tidak ada habisnya. Apa pun yang menghasilkan pantulan cahaya kecil atau lampu kecil, sempurna untuk bokeh.

Di manakah fungsi foto bokeh?

Saya sebutkan sebelumnya bahwa foto atau video bokeh biasanya ada di latar belakang sebuah gambar. Namun demikian, bokeh bisa dibuat di mana saja dalam gambar yang tidak fokus, termasuk latar depan.

Hanya saja kami lebih sering melihatnya di latar belakang.

Kualitas Bokeh

Karena lensa mewah mengandung optik yang lebih kompleks, mereka membuat bokeh yang dianggap lebih menyenangkan oleh banyak orang. Sorotan spektrum di luar fokus akan memiliki keunggulan yang lebih halus dan lebih baik.

Bukan berarti Anda harus buru-buru dan membeli lensa mahal. Ingatlah bahwa lensa yang lebih murah tidak menawarkan bukaan lebar, jadi bokeh mungkin memiliki tepi yang lebih kasar dan mungkin berbentuk segi enam non-bulat.

Pembukaan juga memengaruhi ukuran bokeh

Karena menambah atau mengurangi bukaan mengubah ukuran lubang yang melewati cahaya melalui lensa, ini juga mengubah ukuran bokeh.

Bagian f22 akan menjadi kecil, sehingga bentuk bokeh akan menjadi kecil.
F2.8 membuat bentuk bokeh besar sebagai perbandingan. Sejumlah besar fotografer menggunakan bukaan lebar saat mengambil gambar dengan gambar bokeh.

Baca juga: