Uji Instrumen Penelitian

Uji Instrumen Penelitian

Validitas dan Reliabilitas

Hasil pengukuran dan data yang diperoleh dengan menggunakan ukuran tersebut dapat digunakan dalam penelitian tersebut jika memiliki kesahihan ukuran (validity of a measure) dan keandalan ukuran (reliability of measure). Ini berarti bahwa jika data diperoleh dari suatu instrumen atau teknik pengumpulan data kita perlu mengetahui apakah data secara benar mengindikasikan perilaku yang diukur. Apakah instrumen atau alat ukur yang digunakan berulang-ulang untuk mengukur gejala yang sama pada responden yang sama memberikan hasil yang sama, dan apakah instrumen atau alat ukur yang digunakan untuk mengukur suatu gejala telah mengukur gejala yang diukur, tidak mengukur gejala lain? Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut berarti kita menilai apakah instrumen yang kita gunakan valid (sahih) atau reliabel (andal). Menggunakan data yang valid dan reliabel penting agar data empiris yang dikumpulkan merupakan gambaran dari kejadian-kejadian empiris data tersebut diperoleh.

Validitas

Apakah instrumen pengukur, mengukur apa yang saya ingin ukur? Pertanyaan ini berkaitan dengan validitas atau kesahihan pengukuran yang menunjuk pada sejauh mana pengukuran secara akurat merefleksikan pokok isi ukuran. Validitas adalah sejauh mana perbedaan dalam skor pada suatu ninstrumen (item-item dan kategori respon yang diberikan kepada satu variabel khusus) mencerminkan kebenaran perbedaan antara individu-individu, kelompok-kelompok atau situasi-situasi dalam karakteristik (variabel) yang ditemukan untuk ukuran.

Reliabilitas

Reliabilitas atau keandalan adalah keterpercayaan, stabilitas atau kemantaban, konsistensi, prediktabilitas dan ketepatan atau akurasi dari suatu ukuran.

Jika set obyek yang sama diukur berkali-kali  dengan alat ukur yang sama, apakah kita akan memperoleh hasil yang sama dan apakah hasil ukuran yang diperoleh dengan menggunakan alat ukur tertentu merupakan ukuran sebenarnya dari obyek tersebut? Pertanyaan ini berhubungan dengan reliabilitas atau keandalan pengukuran yaitu derajat sejauh mana ukuran menciptakan respon yang sama sepanjang waktu dan lintas situasi.

Sumber :

https://multi-part.co.id/tak-sempat-upacara-ikut-saja-upacara-bendera-online-ala-kaskus/