Faktor-faktor yang menentukan impor

   Faktor-faktor yang menentukan impor

Barang buatan luar negeri juga diimpor oleh sektor lain, yaitu oleh perusahaan dan pemerintah.perusahaan mengimpor bahan mentah dan barang modal dari luar negeri. Pemerintah juga melakukan hal yang sama, yaitu pemerintah menggunakan barang konsumsi dan barang modal yang diimpor. Walau bagaimanapun dalam analisis makroekonomi diasumsikan bahwa impor terutama dilakukan oleh rumah tangga.maka fungsi impor  sangat berhubungan dengan pendapatan nasional.yangdimaksudkan dengan fungsi impor adalah kurva yang menggambarkan hubungan diantara nilai impor yang dilakukan dengan tinkat pendapatan masyarakat dan pendapatan nasional yang dicapai. Seperti telah dinyatakan impor adalah pengeluaran terpengaruh yang berarti semakin tinggi pendapatan nasional maka semakin tinggi pula impor.

  

  1. Keseimbangan Perekonomian Terbuka

  2. Syarat keseimbangan perekonomian terbuka

Keseimbangan pendapatan nasional akan di capai pada keadaan dimana (i)penawaran agregat sama dengan pengeluaran agregat ,dan (i)suntikan sama dengan bocoran. Uraian tersebut akan menerangkan bagaimana keadaan tersebut tercapai dalam perekonomian terbuka.

  1. Penawaran dan pengeluaran agregat dalam perekonomian terbuka.

Dalam perekonomian terbuka barang dan jasa yang di perjualbelikan di dalam negeri terdiri dari 2 golongan barang : (i) yang di produksi di dalam negeri dan melalui pendapatn nasional (Y), demikian dalam perekonomian terbuka penawaran agregat atau AS terdiri dari pendapatan (Y) dan impor (M) dalam formula :

AS= Y+M

Uraian sebelum ini mengenai sirkulasi aliran pendapatan dalam pereknomian terbuka telah menunjukan bahwa pengeluaran agregat (AE) meliputi lima komponen berikut : pengeluaran rumah tangga keatas barang produksi dalam negeri (Cdn) , investasi swasta (I) ,pengeluaran pemerintah (G) .ekspor (X) dan pengeluaran keatas

Recent Posts