Cara Membuat Gigi Palsu Akrilik (10 Langkah Pembuatan Gigi Palsu dari Bahan Akrilik)

Cara Membuat Gigi Palsu Akrilik (10 Langkah Pembuatan Gigi Palsu dari Bahan Akrilik)

Cara Membuat Gigi Palsu Akrilik (10 Langkah Pembuatan Gigi Palsu dari Bahan Akrilik)Cara Membuat Gigi Palsu Akrilik (10 Langkah Pembuatan Gigi Palsu dari Bahan Akrilik)

Sepertinya gigi palsu juga berperan sangat vital bagi orang yang membutuhkannya, seperti gigi asli sudah ompong, atau orang-orang tua yang sudah tanggal sebagaian besar giginya. Namun tidak sedikit pula anak-anak muda yang menggunakan gigi palsu sebagai ganti gigi asli mereka yang sudah rusak, baik karena gigi berlubang, atau pun telah membusuk dan copot dengan sendirinya.

Penggunaan gigi palsu dari bahan akrilik memang lazim dan banyak ditemui, dan tahukah Anda, ternyata gigi palsu itu dibuat oleh tekniker gigi, kalau Anda belum mengetahuinya, tekniker gigi adalah sebutan yang diberikan untuk mereka para pembuat gigi palsu. Jadi, gigi palsu sebenarnya bukan dibuat oleh dokter gigi, tapi pembuatnya adalah Tekniker gigi.

Lalu bagaimana cara membuat / bikin gigi palsu? apakah dibutuhkan keahlian khusus untuk membuat gigi palsu? nah bila itu adalah pertanyaan yang mengganjal di pikiran Anda, maka tepat sekali bila saat ini Anda berada di blog caraobatisakitgigi.blogspot.com, karena memang pada kesempatan kali ini kita akan berbagi informasi tentang cara-cara atau langkah demi langkah pembuatan gigi palsu akrilik.

Cara Membuat Gigi Palsu dari Bahan Akrilik (Langkah-langkah Pembuatan Gigi Palsu)
Para pembuat gigi palsu (tekniker gigi) biasanya menerima orderan dari Dokter Gigi untuk mengerjakan / membuat gigi palsu yang dibutuhkan. Nah berikut ini adalah langkah demi langkah yang dilakukan dalam pembuatan gigi palsu.

1. Langkah Pertama, Pengecoran Cetakan Negatif

Dokter gigi yang sudah membuat cetakan negatif (cetakan untuk gigi yang akan dibuat), kemudian para tekniker gigi mulai melakukan proses pengecoran.

Illustrasi Gambar Cara Membuat Gigi Palsu , Proses Pengecoran Cetakan Negatif Gigi Palsu

2. Langkah Kedua, Persiapan Model Kerja
Langkah berikutnya dilakukan setelah hasil pengecoran kering, cetakan negatif yang telah selesai di cor dan sudah mengering, tahap selanjutnya adalah persiapan model kerja, di tahap ini dilakukan pembersihan pada model kerja, supaya hasilnya bagus, pembersihan biasanya untuk menghilangkan gelembung-gelembung (bubble), yang tersisa karena proses pengecoran.

Illustrasi Gambar Proses Model Kerja yang Dihaluskan Menggunakan Mesin Trimmer

Setelah pembersihan dari bubble selesai, biasanya tekniker gigi menggunakan mesin untuk trimmer, dimaksudkan supaya hasil yang diperoleh bisa lebih halus dan maksimal. Untuk penggunaan mesin trimmer dibutuhkan keahlian, selain itu juga cukup berbahaya bila tidak hati-hati dalam penggunaannya.

3. Langkah Ketiga, Block Out Gigi Palsu
Tahap yang ke 3 ini merupakan tahapan inti, karena pada tahapan ini, gigi palsu mulai di bentuk. Model kerja yang telah di cor dan ditrimmer sudah siap untuk dibentuk sesuai pesanan. Nah bahan-bahan pembuatan gigi palsu juga berbeda-beda, namun kali ini caraobatisakitgigi.blogspot.com hanya memberikan contoh pembuatan gigi palsu dari bahan akrilik.

Setelah langkah kedua selesai, lalu gigi palsu (yang terbuat dari bahan akrilik) diblock out, biasanya tekniker gigi menggunakan bahan gipsum putih untuk memblock out gigi palsu akrilik, tujuannya adalah supaya gigi palsu tersebut lebih mudah saat hendak dipasang atau di lepaskan dari mulut penggunannya.

Untuk memudahkan Anda tentang gambaran blockout gigi palsu menggunakan gipsum putih Anda bisa memperhatikan gambar dibawah ini:

Gambar Block Out Gigi Palsu dengan Media Gipsum Putih

4. Langkah Keempat Pemasangan Klam (Klammer) Gigi Palsu
Ketika proses block out selesai dikerjakan, tekniker gigi melanjutkannya dengan memberikan klem (klemer), nah tujuan dari pemberian klam disini adalah sebagai pegangan (retensi) gigi palsu, saat pemakaiannya nanti klam akan dikaitkan dengan gigi asli yang ada di sebelahnya, sehingga gigi palsu tidak mudah copot atau lepas.

Proses Klamer, atau Pemberian Pengait Supaya Gigi Palsu Akrilik Tidak Mudah Copot

Pembuat Gigi Palsu (Tekniker Gigi), Melakukan Klamer

5. Langkah Kelima Penyusunan Gigi Palsu
Setelah selesai di pasangi klam (klamer), langkah selanjutnya adalah penyusunan gigi, dibutuhkan ketekunan dan ketelitian saat proses penyusunan gigi ini, supaya gigi palsu akrilik bisa digunakan secara maksimal serta nyaman.

Illustrasi Gambar Penyusunan Gigi dengan Menggunakan Bahan Wax / Malam

Biasanya tekniker gigi menggunakan bahan malam atau wax dalam penyusunan gigi palsu, nah disini biasanya basis gigi palsu juga di buat, supaya mirip dengan susunan gigi asli. Dengan begitu, kenyamanan saat penggunaan gigi palsu akrilik bisa didapatkan.

Illustrasi

Gambar Penyusunan Gigi Palsu Menggunakan Wax
Ketika tahap atau langkah kelima selesai dikerjakan, ini berarti prosedur awal (mentahan) pembuatan gigi palsu akrilik tinggal ke tahap selanjutnya, pada tahapan ini, dibutuhkan alat pendukung, yaitu panci dan kompor. Lho, kenapa panci dan kompor min? biar gak penasaran yuk lihat ke proses pembuatan gigi palsu akrilik selanjutnya.

 

Recent Posts