Arti Pertumbuhan Ekonomi

  1. Table of Contents

    Arti Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berkelanjutan merupakan kondisi utama atau suatu keharusan bagi kelangsungan pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan.             Selain dari sisi permintaan (konsumsi), dari sisi penawaran, pertumbuhan penduduk juga membutuhkan pertumbuhan kesempatan kerja(sumber pendapatan). Pertumbuhan ekuonomi tanpa dibarengi dengan penambahan kesempatan kerja akan mengakibatkan ketimpangan dalam pembagian dari penambahan pendapatan tersebut (ceteris paribus), yang selanjutnya akann menciptakan suatu kondisi pertumbuhan ekonomi dengan peningkatan kemiskinan.

Menurut Prasetyo (2012) Pertumbuhan ekonomi merupakan sebagai pertambahan output atau pendapatan nasional keseluruhan dalam kurun waktu tertentu.

  1. Konsep Pendapatan Nasional

Ada dua arti dari PN,yakni arti sempit dan arti luas. Dalam arti sempit, PN adalah Pn. Sedangkan dalam arti luas, PN dapat merujuk ke PDB,atau merujuk ke PNB atau ke produk nasional neto (PNN).

            Sesuai metode yang standar, perhitungan PN diawali dengan perhitungan PDB. Hubungan antara PDB dan PN dapat dijelaskan melalui beberapa persamaa sederhana sebagai berikut.

Sumber :

https://rianablog.com/di-sydney-antrean-iphone-8-hanya-30-orang/