Keanekargaman gen (genetic diversity)

Keanekargaman gen (genetic diversity)

Keanekargaman gen (genetic diversity)Keanekargaman gen (genetic diversity)

Keanekaragaman gen menunjukkan kepada variasi gen dalam suatu spesies, yaitu perbedaan-perbedaan yang terdapat dalam suatu spesies yang sama, misalnya keragaman gen yang terdapat pada ratusan varietas tradisional padi India. Sampai sekarang, tolok ukur keanekaragaman hayati telah dipakai terutama untuk memelihara spesies dan populasi pada kebun-kebun botani, disamping itu juga dipakai untuk spesies-spesies liar di alam.

  1. Keanekaragaman spesies (spesies diversity)

Keanekaragaman spesies menunjukkan kepada keragaman spesies dalam suatu daerah. Keragaman seperti ini dapat diukur dengan banyak cara, para ilmuan tidak membuat suatu tolok ukur tunggal. Jumlah spesies dalam suatu daerah sering digunakan sebagai tolok ukurnya, namun tolok ukur yang lebih tepat adalah keanekaraman secara taksonomi (taxonomic diversity) yang mempertimbangkan hubungan antar spesies dalam suatu daerah.

  1. Keanekaragaman ekosistem (ecosystem diversity)

Keanekaragaman ekosistem meliputi total keseluruhan keanekaragaman spesies maupun keanekaragaman gen yang terdapat pada daerah yang tergabung dalam suatu ekosistem tertentu. Keanekaragaman ekosistem dapat diukur dari jumlah spesies, distribusi dan bentuk interaksi di dalam komunitas ataupun ekosistem secara nasional maupun daerah tertentu suatu negara. Beberapa usaha juga telah mencoba membuat klasifikasi keanekaragaman ekosistem secara global, seperti keanekaragaman ekosistem daerah tropis.

Sumber :

https://obatpenyakitherpes.id/kaspersky-bantah-dipakai-untuk-retas-komputer-intel-as/