Trader (pedagang)

Trader (pedagang)Trader (pedagang)

Tipe ini pengusaha hanya membeli atau impor produk barang tampa memperdulikan merek apa pun dan menjual putus di Indonesia. Meskipun ini merupakan tipologi yang palingklasik, namun kontribusnya cukup besar dan pemainnya cukup banyak. Contohnya impor peralatan makan, pecah belah, peralatan dapur, perkakas, perabotan rumah tangga, alat tulis,bahan bangunan, berbagai jenis mainan anak-anak, dan masih banyak lagi.

  1. b) Private Label

Untuk tipe ini pengusaha mengimpor barang dari China dan memasarkan di Indonesiadengan mereknya sendiri. Pengusaha jenis ini biasanya sudah punya basis pemasaran kuatdalam negeri, tak hanya jual putus. Mereka juga membangun merek dan bersaing dari aspek distribusi. Beberapa merek yang sudah dikenal oleh pasar di Indonesia seperti Sanken danMarta Tilaar dan mustika ratu untuk produk kosmetik juga menerapkan pola ini

  1. c) Investor

Tipe ini dilakukan oleh pengusaha yang berskala besar . Untuk tipe ini pengusahamembangun manufacturing (pabrik) di sana dan mengekspor sebagian hasil produksinya keIndonesia, sementara sebagian lagi untuk memasok pasar local China dan Negara-negaralain.

  1. d) China sebagai pemasok bahan baku

Pengusaha dengan tipe ini memanfaatkan China sebagai sumber pasokan produk yangmereka jual. Ada juga yang melalui cara semi knocked-down, yakni hanya memproduksi sebagian yang dilakukan di china dan sisanya masih diproduksi di Indonesia. Ada juga yang menjadikan china sebagai pemasok komponen beberapa produksinya, dan tipe ini jumlahnyajuga semakin banyak.

Recent Posts