Pengertian Pemasaran.

Pengertian Pemasaran.

Pengertian Pemasaran.Pengertian Pemasaran.

Pemasaran dapat dikatakan merupakan proses penyusunan hubungan terpadu yang memiliki tujuan memberikan informasi mengenai produk (barang dan jasa) yang berkaitan dengankepuasan atas kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran berawal dari sebagian atau keseluruhan kebutuhan manusia yang kemudian berkembang menjadi keinginan manusia untuk mendapatkan nilai lebih. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yangmenjadi konsep pemasaran.

ACFTA adalah regionalisasi perdagangan bebas antara negara China dan ASEAN. Latar belakang munculnya gagasan tersebut adalah menanggulangi pergeseran keseimbangan kekuatanekonomi yang mulai bergerak ke arah negara-negara timur tengah saat ini. Sehingga perluadanya usaha untuk membentuk suatu integrasi perekonomian di negara ASEAN dan China.

Kekhawatiran terbesar pedagang di Indonesia adalah produk-produk luar negerikhususnya produk China dapat membanjiri pasar Indonesia. Dalam jangka pendek, produk-produk luar negeri ini kelihatannya menguntungkan bagi masyarakat Indonesia, mengingatmasyarakat mampu memiliki barang-barang dengan harga murah. Namun dalam jangka panjang,produk-produk ini akan mengancam produksi dalam negeri. Produsen tidak mampumengimbangi harga yang ditawarkan oleh China sehingga kemungkinan pelaku bisnis Indonesiaakan beralih dengan menjual produk-produk dari China. (http://google.com/TataniagaACFTA,diakses 20 juli 20101).

Dimulai pada awal era 1980-an RRC mengalami tidak kurang daripada keajaibanekonomi. Saat ini RRC merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia;Dengan GDP sebesar US$ 8,158 trilyun pada 2005, GDP sebesar kurang lebih US$ 1.703perkapita pada 2005, dan pertumbuhan ekonomi 9,2% setiap tahunnya. Aspek terpenting darifenomena ini adalah sebuah sistem terbarunya yang sangat unik. Sistem itu bukan jiplakan darisistem ekonomi yang pernah ada, melainkan sesuai dengan citarasa Cina yang khas (Prof.Michael Hough, 1995). (http://scrib.com/budaya bisnis RRC pada era globalisasi)

Pada saat ini china yang memiliki semboyan Zhi fu shi guangrong yang artinya janganmalu menjadi kaya, kejarlah kekayaan dan pamerkan kekayaan itu menyebabkan bangsa Chinamengalami perubahan paradigma yang sangat besar dalam menilai bisnis. Sebuah kalimat yangmembakar semangat beriwausaha dan dan terbukti memang mempunyai daya magis luar biasadimasyarakat China. (Swa, 17 Februari-2maret.2005) Dari fenomena diataslah penulis ingin mengkaji tentang “Strategi Global : Gelombang Bisnis Dari China”.

Bagaimanakah overview bisnis di china, bagaimana prakteknya, apakahyang menjadi kekuatan dari strategi bisnis global yang dilakukan oleh negara China. Bagaimana seharusnya perusahaan – perusahaan lain dinegara diluar China khususnya di Indonesiamenghadapi gelombang bisnis dan produk China tersebut.

2.2.              Histori

2.2.1.      Zaman baru Negeri Tirai Bambu

Sebagai bangsa yang menganut paham sosialis dan komunis, bangsa china lebih meng-inginkan masyarakat proletariat (buruh) yang hidup pada taraf sosial ekonomi yang sama ratasama rasa, bukan kaum borjuis atau pengusaha yang kaya raya. Namun sekarang Chinamemasuki jaman baru, dimana pemerintahnya begitu mendorong munculnya investasi dan bisnisdalam intensitas yang luar biasa. Hasilnya seperti sekarang yang bisa dilihat China sangat menggemparkan dunia.

Pemerintah amerika Serikat dan uni eropa berteriak keras menyorot China, lantaran indistri mereka kalah kompetitif dan investasi tersedot ke China. Produk China menyebar ke seluruh dunia. Mulai dari produk makanan, minuman, mainananak-anak, hingga elektronik, dan bahkan sepeda motor.  Negara china bahkan tidak hanya jago memproduksi barang dan memasarkannya, melainkan juga dengan infrastruktur produksi yang kompetitif. Itulah yang menyebabkan banyak perusahaa

 

Sumber :

https://superforex.co.id/bos-microsoft-sambangi-kantor-pusat-xiaomi-di-beijing/