Pangsa Pasar

Table of Contents

Pangsa PasarPangsa Pasar

Pangsa pasar cokelat saat ini memang sedang dalam keadaan baik. Terutama di kalangan anak muda yang memang suka mengonsumsi cokelat. Cokelat dapat dijual di swalayan, pasar atau stan-stan cokelat yang ada di mall. Cokelat juga dapat di sebar di toko-toko makanan. Selain itu, cokelat adalah makanan ringan yang memang terkesan lucu, enak dan mudah dikonsumsi. Selain itu, cokelat juga bisa dipadupadankan dengan makanan lain. Di samping itu, cokelat juga bisa dibuat menjadi beraneka ragam bentuk yang menarik. Oleh karena itu, cokelat sering kali dijadikan buah tangan kepada kerabat, sahabat, pasangan atau teman sekerja. Maka dari itu, pangsa pasar cokelat menjadi terbuka lebar. Terutama pada hari-hari besar seperti hari besar keagamaan atau tahun baru. Apalagi, pada saat hari Valentine, permintaan akan cokelat semakin membeludak.

Dalam mengembangkan usaha ini kami juga akan melakukan beberapa srategi diantaranya yaitu, promosi melalui media sosial seperti facebook dan twiteer, bbm promosi melalui radio, membuat brosur-brosur yang disebarkan di kota Payakumbuh. Disamping itu kami juga melakukan promosi dengan cara mulut-kemulut yang mengajak langsung konsumen untuk datang ke tempat, disini diutamakan teman-teman satu kampus, dan pemasangan spanduk serta papan nama didepan tempat usaha.

Cokelat yang kami produksi saat ini adalah cokelat yang terlihat simple tetapi, menarik. Mengenai kompetitor pasti akan banyak ditemui kompetitor-kompetitor yang lebih berpengalaman dan lebih menguasai pasar. Karena, banyak sekali produsen-produsen yang lebih dulu mengeluarkan produk cokelat. Oleh karena banyaknya persaingan karena produsen memproduksi produk yang sama, kami berani membuat inovasi dalam produk cokelat ini.

  1. Organisasi dan Manajemen

Usaha ini beranggotakan empat orang dimana seluruh anggota mempunyai peranan dalam bidangnya:

  1. Pimpinan/ direktur

ü  Sebagai pimpinan usaha dan bertanggung jawab atas jalannya usaha

ü  Koordinasi, pengawas, dan mengarahkan seluruh kegiatan usaha

ü  Direktur pada usaha kami ini juga merangkap sebagai manajer produksi dan sebagai pengambil keputusan

  1. Manager keuangan

ü  Sebagai manajemer pembukuan ( penaggung jawab pembukuan )

ü  Melaksanakan kegiatan keuangan dan adminstrasi

ü  Membuat laporan keungan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan

  1. Manager produksi

ü  Melakukan survey terhadap bahan baku yang akan di produksi

ü  Bertanggung jawab atas semua kegitan dan kelancaran dan kualitas hasil produksi

  1. Manager pemasaran

ü  Bertanggung jawab terhadap managemen di bagian pemasaran

ü  Membuat suatu rencana perluasan pemasaran usaha kedepanya.

 

Recent Posts