Kekuatan Bisnis Di Negara China

 Daya Tarik / Kekuatan Bisnis Di Negara China

China sangat mewarkan begitu banyak hal yang cukup menggiurkan bagi para investor-investor perusahaan besar maupun kecil. kelebihan –kelebihan yang jarang ditemui di negara lainbisa kita temukan dalam praktek bisnis di China.

  1. Birokrasi pemerintah

Untuk perlakuan pemerintah kepada investor dan birokrasinya, Pemerintah China memepermudah sekali perizinan yang ada. Begitu welcomenyapemerintah China menyambut investor sampai ada pemerintah setempat yang mengeluarkan peraturan daerah supaya bisamengakomodasi kebiasaan para investor. Pengusaha juga dibebaskan dari pajak selama 5 tahun.

Negara China juga sangat menarik karena dukungan permodalan. Perbankan yang sangatgampang dalam mengucurkan dana untuk investasi, dan memberikan bunga yang rendah dantingkat inflasi yang rendah dan stabil sehingga mempermudah pengusaha menawarkan ke pasar.

  1. Sumber daya manusia

Untuk sumberdaya manusia dalam hal ini pekerja, di China tercatat jumlah penduduknyayang mencapai 1,8 milyar juta jiwa (antara news.com,diakses 2 juli 2010). Pekerja di Chinamemiliki produktifitas yang sangat tinggi. Mereka mampu bekerja sampai mencapai 12 jamsehari dengan selingan istirahat selama dua jam. Perusahaan disana juga umumnya menyediakanfasilitas mes, sehingga pekerja dapat mengerjakan sesuai denga target volume setiap hari.Adakalanya para pekerja di sana juga mampu bekerja overtime, produktivitas pekerja yangsangat tinggi tersebut tidak dibatasi oleh pemerintah China, bahkan sampai 40 jam kerja.

Libur yang diberlakukan hanya dua hari setiap bulannya.Untuk upah, pekerja disana diupah perproduk yang dibuat, sehingga mereka terpacu untuk bekerja terus. Ketika musim dinginpun etos kerja para pekerja china sangat tinggi, meskipun saatmusim dingin suhunya mencapai 5 derajat celcius, tidak pernah ditemui pekerja yang mogok kerja. Saat musim panas pun seperti itu, mereka tidak banyak tuntutan untuk memintaperusahaan menyediakan pendingin untuk ruangan kerja mereka.Dan yang terakhir dengan jumlah yang mencapai 1,8 milyar tadi menurut pengusahadianggap sebagai potensi pasar yang cukup menarik.

  1.  Transportasi dan bahan baku yang mudah dan murah

Tidak sedikit perusahaan besar yang ada di indonesia mengalih dayakan produksinya denganalasan bahan bakunya yang murah, dan mudah didapat. Menurut salah satu pengusaha yang mengalihdayakan produksinya mengungkapkan bahwa china menawarkan cost yang jauh lebihrendah untuk produksinya, harga yang murah dan proses produksi yang sangat cepat. Untuk transportasinya dinilai cukup baik, salah satu contohnya pelabuhan layanannya cukupbaik meskipun tidak secepat yang ada di Singapura. Ditambah lagi sarana transportasi sepertikontainer atau alat angkut lain mudah didapatkan dan tidak ada pungutan-pungutan liar.

2.4.             Praktek Bisnis Perusahaan Indonesia Yang Bekerjasama Dengan Perusahaan China

 

Sumber :

https://youtubers.id/tembus-200-juta-unduhan-super-mario-run-tidak-menguntungkan/