Pembelajaran Apresiasi Sastra Indonesia di Sekolah Dasar

Pembelajaran Apresiasi Sastra Indonesia di Sekolah Dasar

  1. Apresiasi Sastra

Pengertian Apresiasi

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, apresiasi berarti:

  1. Kesadaran terhadap nilai-nilai seni dan budaya
  2. Penilaian (penghargaan) terhadap sesuatu
  3. Kenaikan nilai barang karena harga pasarnya naik atau permintaan akan barang itu bertambah (KBBI, 1998: 46).

Arti pertama kata apresiasi itu bertalian dengan kesadaran (orang atau masyarakat) terhadap nilai-nilai seni dan budaya. Setiap karya seni dan budaya itu tentu memiliki nilai-nilai yang berguna bagi kehidupan, baik nilai keindahan, nilai religious, nilai pendidikan, nilai hiburan, maupun nilai moral. Semua nilai yang terkandung dalam karya seni dan budaya membimbing manusia ke arah kehidupan yang lebih beradab, lebih baik, da lebih manusiawi. Kesadaran orang terhadap nilai-nilai dalam karya seni dan budaya seperti itulah yang disebut apresiasi.

Arti kedua kata apresiasi bertalian dengan penilaian atau penghargaan terhadap sesuatau hal atau masalah. Penilaian atau penghargaan semata-mata diukur dengan nilai uang. Memnghargai sesuatu hal atau masalah berarti pula kita ini member perhatian, member penghormatan, menjunjung tinggi sesuatu itu, mengindahkn hal yang diamanatkan, dan kalau perlu melaksanakan sesuatu hal atau masalah yang terkandung di dalamnya. Ada sesuatu nilai yang terdapat dalam karya (seni atau budaya) yang perlu digali, lalu hasilnya kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Arti ketiga kata apresiasi bertalian dengan dunia ekonomi. Harga barang dan nilai suatu mata uang ditentukan oleh pasaran. Jika permintaan barang dan mata uang tertentu di pasaran sedang besar atau meningkat maka nilai barang atau mata uang tertentu lesu, lemah atau turun drastic maka apresiasi terhadap barang atau mata uang itu tentu merosot juga.

Sehubungan dengan yang kita bahas adalah pembelajaran sastra anak, maka pengertian apresiasi yang kita maksudkan disini adalah pengertian pertama dan kedua, yaitu:

o   Kesadaran kita terhadap nilai-nilai seni dan budaya (sastra anak)

o   Penilaian atau penghargaan kita terhadap sesuatu (sastra anak)

Sumber: https://pendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/