Contoh Mobil Penggerak Roda Depan

Sebagian besar dari pelanggan yang hendak membeli mobil baru, tidak terlalu menyimak mengenai sistem penggerak roda mobil yang bakal di beli. Padahal terdapat tiga jenis sistem pengerak roda mobil yang ketika ini terdapat di pasaran, yaitu, mobil penggerak roda depan, roda belakang, atau ke empat roda (4WD).

Dari ketiga sistem pengerak roda mobil yang ketika ini tersedia, melulu sistem mobil penggerak roda depan atau belakang yang digemari konsumen Indonesia. Lalu apakah Kalian sedang berencana melakukan pembelian mobil baru ketika ini? Jika iya, apakah Kalian bakal memilih sistem penggerak roda depan (FWD-Front Wheel Drive) atau sistem penggerak roda belakang (RWD-Rear Wheel Drive)?

Sebelum Kalian melakukan pembelian mobil, di halaman ini, melansir dari laman rentalmobilbali.net, akan diterangkan untuk Kalian tentang keunggulan dan kelemahan mobil penggerak roda depan.

Berikut keunggulan mobil penggerak roda depan:

  • Biaya buatan pembuatannya relatif rendah. Hal ini disebabkan suku cadang mobil yang lebih tidak banyak dan teknik pemasangannya juga mudah. Dengan ongkos produksi yang relatif rendah maka Kalian dapat mendapatkan harga mobil yang lebih rendah juga.
  • Handling lebih mantap daripada mobil berpenggerak roda belakang.
  • Traksi mobil lebih baik di jalanan licin sebab roda depannya yang unik roda belakang.
  • Berat penggerak roda depan mobil lebih ringan sebab poros gardan yang bermanfaat dalam mengalirkan kekuatannya ke belakang sampai-sampai lebih efektif dan hemat dalam mengonsumsi bahan bakar.
  • Selain keunggulan di atas, kekurangan mobil penggerak roda depan pun perlu diketahui dengan baik, yakni:
  • Rentan terhadap kerusakan sebab tenaga pendorong dan penggerak roda kemudinya sedang di roda yang sama.
  • Penggerak dan kemudi yang sedang di bagian depan ketika akselerasi tinggi menciptakan mobil lebih ingin bergerak ke kiri atau kanan.
  • Tenaga yang tidak cukup saat mengarungi tanjakan.
  • Rentan slip saat mengerjakan pengereman sebab ban menopang berat yang melulu bertumpu pada unsur depan saja.
  • Berat mobil terfokus pada unsur depan sehingga lumayan susah mengontrol kecepatan tinggi saat penumpangnya penuh.

5 Contoh Mobil Penggerak Depan

1. Honda Mobilio
Desain eksterior elegan dari MPV ini diperoleh dari patron yang luar biasa. Hal ini dapat terlihat dari tampilan bodi yang lebih sporty dan anggun sebagai format penyegaran dari Low MPV versi facelite dengan desain wajah pada mesin yang diciptakan lebih panjang. Di samping itu, ada lampu utama yang memakai LED Light Guide terbaru sampai-sampai lebih memaksimalkan penyinaran pada malam hari. Sedangkan, pada unsur belakangnya diserahkan sentuhan minimalis dengan Rear License Garnish salah satu kedua lampu stop.

Desain interiornya mempunyai ruangan yang lebih luas dan mewah dengan sejumlah pembaruan fitur yang pun lebih canggih. Penggunaan kursi semi-bucket ergonomis pun mampu menopang badan secara lebih sempurna dengan sayap kursi yang tebal. Penggunaan bahan yang berbobot | berbobot | berkualitas akan memastikan kenyamanan penumpang saat mengemudikan Honda Mobilio. Di samping itu, Kalian juga dapat menemukan fitur audio visual modern pada dashboard mobil yang akan meningkatkan kelengkapan fitur di mobil.

Sebagai di antara merek mobil yang masuk ke susunan mobil penggerak roda depan ini, dapur pacunya mengangkat mesin 1.5 Liter i-VTEC yang dapat menghasilkan performa bertenaga dan paling irit bahan bakar di kelasnya. Tenaga yang didapatkan Honda Mobilio maksimal menjangkau 88 Kw pada putaran 6.600 rpm dan dapat menjangkau torsi maksimal 145 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm.

2. Suzuki Ertiga
Merk mobil penggerak roda depan ini masih menjaga basis desain bodi yang sama dengan lainnya. Meskipun demikian, sentuhan yang diserahkan membuat Suzuki Ertiga tampak lebih stylish dengan bodi sisi samping yang telah ditambahkan New Alloy Wheel (tipe GL dan GX) dan New Electric Foldable Outside Mirror (GX). Tidak melulu itu, Suzuki Ertiga pun mengalami evolusi pada bumper belakangnya yang menyerahkan suasana baru pada mobil.

Masuk ke unsur kabin, tidak ada evolusi begitu signifikan pada interior mobil dibanding generasi sebelumnya. Namun, konsep dashboard didesain lebih segar, laksana pada evolusi warna yang lebih lembut. Interiornya pun terlihat lebih mewah dengan New pattern Fabric pada jok dalam mobil. Kursi baris ketiga pun sudah mengaplikasikan sistem split 50:50. Mobil mpv penggerak roda depan ini sudah memakai teknologi mesin yang canggih, yaitu teknologi mesin K148 DOHC yang mantap dalam segala kondisi. Dengan mengandalkan mesin bersilinder segaris 16 katup, Suzuki Ertiga mempunyai kapasitas 1.400 cc. Di samping itu, Ertiga pun mampu menerbitkan torsi sebesar 130 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm dan daya maksimal sebesar 92 PS pada putaran mesin 6.000 rpm.

3. Mazda Biante
Tampilan luar mpv premium ini didesain dengan super anggun dan eksklusif. Penampilan eksterior yang mewah dapat Kalian lihat pada Mazda Biante ini. Meskipun Mazda masih mempertahankan karakteristik desainnya yakni berupa headlamp ‘split’ dilengkapi kombinasi front grille berbentuk ‘V Shape’ namun pada tipe Limited Edition, ditambahkan dengan aksen baru di bawah kaca unsur belakang yang berwarna lebih mengkilap.

Tidak melulu penampilan yang mewah dan luas, namun Mazda Biante pun memberikan kenyamanan yang istimewa untuk pemakainya. Ruang kabin kemudi didesain dengan sentuhan serta bagian warna berbeda, yaitu cokelat gelap dan krem. Mazda pun menambahkan monitor backhead berukuran 10,1 inci untuk meningkatkan keseruan perjalanan Kalian. Masing-masing kursi penumpang ditata dengan paling baik dan menyimak tingkat kenyamanan. Pada unsur bagasi pun disediakan dengan ukuran yang lebih luas.

Penggunaan teknologi SKYACTIV pada Mazda Biante membuatnya mempunyai performa mesin bertenaga dan irit energi. Mesin berkapasitas 1.990 cc ini memiliki 4 silinder segaris DOHC 16 katup sampai-sampai performanya lebih tangguh. Sedangkan, guna versi Limited Edition, ada sedikit peningkatan fitur laksana Electronic Throttle Control dan Dual Sequantial Valve Timing. Kedua tipe Mazda ini dapat menerbitkan tenaga maksimum sampai 151 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi menjangkau 19,4 kgm pada putaran mesin 4.100 rpm. Mesin Biante ini mencantumkan transmisi manual 6-speed FWD. Selengkapnya baca Mazda Biante.

4. Daihatsu Ayla
Penampilan Daihatsu Ayla sangatlah sesuai untuk masyarakat Indonesia sebab desainnya yang dirancang cocok dengan selera konsumen. Sebagian besar orang mengharapkan mobil berukuran kecil dengan kabin yang luas. Headlamp multi reflektor dirancang lebih tajam dan sipit. Desain foglampnya juga diciptakan dengan lebih ringkas dengan warna chrome. Sedangkan, tampilan belakangnya menyerahkan kesan lebih sporty dengan adanya spoiler body yang diciptakan secara keseluruhan mengekor alur desain mobil.

Interior Daihatsu Ayla tidak kalah dengan tampilan luarnya. Sisi interiornya diciptakan dengan konsep minimalis namun tetap fungsional dengan material yang berkualitas. Kabin yang luas saja tidak cukup, Daihatsu Ayla pun mempunyai bagasi yang juga lumayan lapang. Di samping itu, kursi baris kedua mobil dirancang lebih luwes dan bisa dilipat sehingga berfungsi untuk meningkatkan bagasi.

Teknologi mesin yang digunakan ialah 1KR-DE Engine yang menghasilkan performa lebih bertenaga. Konsumsi bahan bakarnya juga lebih hemat dan tepat guna tapi tidak meminimalisir tenaga dan keramahan lingkungannya. Mesin ini mampunyai kapasitas silinder 998 cc DOHC 3 silinder dengan jumlah katup sejumlah 12 katup. Dengan memakai mesin ini, Daihatsu Ayla dapat mengeluarkan power maksimum hingga 65 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 8.7 Kgm pada 3.600 rpm. Selengkapnya baca Daihatsu Ayla.

5. Honda Jazz
Tema “It’s Cool, It’s You” mengangkat desain bodi aerodinamis dan lebih sporty. Headlamp berbentuk sipit pada unsur kanan dan kiri dengan teknologi LED yang terlihat lebih stylish. Auto Leveling Headlight yang ditambahkan bermanfaat sebagai pengatur elevasi sorot lampu dan Green Glass bermanfaat untuk mencegah sinar UV pada seluruh tipe.

Interior mobil Jazz yang mewah dilengkapi dengan sekian banyak fitur yang modern sehingga menyerahkan kenyamanan luar biasa. Fitur pada dasboard menyerahkan kesempurnaan pada tata letak depan lingkar. Bagasinya diciptakan dengan model trunk capacity yang menciptakan bagasinya menjadi lebih lega hingga 363 liter. Desain interior ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan untuk penumpangnya.

Pada unsur jeroan, pemakaian mesin 1.5 L SOHC i-VTEC + DBW yang tersemat menyerahkan performa yang bertenaga. Mesin ini menawarkan tenaga maksimal sampai 88 Kw pada 6.600 rpm sementara torsi maksimum yang diserahkan sampai 14.8 kgm pada 4.800 rpm.

Sumber: https://www.intensedebate.com/people/sevaid