Penguatan Hubungan Sekolah dan Industri

Penguatan Hubungan Sekolah dan Industri

Penguatan Hubungan Sekolah dan Industri

Penguatan Hubungan Sekolah dan Industri

Fokus pengembangan ini sangat diperlukan oleh

sekolah dalam mendukung berbagai peningkatan dimana diperlukan keserasian hubungan atau kemitraan dengan industri. Beberapa gagasan ditingkat nasional untuk meningkatkan kemitraan SMK dengan insdutri telah berhasil dilakukan baik untuk pertumbuhan ekonomi daerah maupun nasional. Oleh karena itu benchmarking dan studi banding ke sekolah-sekolah yang telah berhasil dan dianggap sesuai dengan kebutuhan pengembangan dapat dilakukan.

Dalam hubungannya dengan program SBP SMK-SBI Invest ini, upaya penguatan hubungan antara sekolah dan industri terutama untuk mendukung pengembangan program akademik atau yang terkait dengan program akademik, antara lain :

  1. Meningkatkan peran sekolah dalam pelaksanaan Platform Internasional di industri lokal
  2. Meningkatkan peran sekolah dalam pengembangan dan pelaksanaan Uji Kompetensi Industri

Akan tetapi sekolah harus memperhatikan bahwa keberhasilan melaksanakan kedua hal tersebut menuntut sekolah malakukan program pendahuluan untuk mempersiapkan mutu sumber daya manusia dan fasilitas pendukung sedemikian sehingga diperoleh pengakuan yang tinggi dari pihak industri atau pekerja industri. Oleh karena itu untuk mencapai keberhasilan program ini dengan baik, maka perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Pilih Technical Assitant yang ahli dalam bidang kerjasama industri dan Uji Kompetensi Indutri.
  2. Bersama-sama dengan TA lakukan analisis untuk dapat memilih mitra-mitra industri yang paling sesuai untuk melaksanakan Platform Internasional dan merintis program Uji Kompetensi Industri.
  3. Menyusun program-program yang dianggap relevant untuk melaksanakan Platform Internasional dan Uji Kompetensi Industri termasuk merencanakan investasi yang diperlukan untuk mencapai sasaran program. Dalam hal ini program yang dikembangkan hendaknya memberikan implikasi positif terhadap peningkatan mutu proses pembelajran, daya saing lulusan dan bidang keahlian pokok sekolah.

d.Perluasan program untuk memperoleh pengakuan di tingkat nasional maupun internasional. Pengakuantersebut dapat berupa perolehan sertifikasi tingkat nasional maupun internasional.

Keberhasilan pelaksanaan fokus pengembangan ini selama 5 tahun dapat diukur dari pencapaian hal-hal berikut,

  1. a)peningkatan jumlah industri yang bekerjasama menggunakan platform internasional dan melaksanakan uji komptensi industri
  2. b)peningkatan jumlah SDM sekolah yang memiliki sertifikat untuk melaksanakan uji kompetensi industri
  3. c)meningkatnya jumlah industri tempat magang siswa

Sumber: https://student.blog.dinus.ac.id/handay/seva-mobil-bekas/