Kenapa Jaringan Indosat Jelek? Ketahui Caranya

Kenapa Jaringan Indosat Jelek Ketahui Caranya

Kenapa Jaringan Indosat Jelek? Ketahui Caranya

 

Kenapa Jaringan Indosat Jelek Ketahui Caranya
Kenapa Jaringan Indosat Jelek Ketahui Caranya

 

Kenapa jaringan Indosat jelek? Mungkin itu sering menjadi pertanyaan bagi para pelanggan Indosat yang merasa mengalami kendala saat menggunakan jaringan layanannya. Jaringan yang jelek ataupun buruk tentu akan membuat para pengguna merasa tidak nyaman. Ini tidak hanya berlaku bagi operator Indosat saja, tapi juga operator-operator lain yang beroperasi di Indonesia.

Dengan kondisi jaringan yang jelek, tentu akan mengganggu rutinitas kegiatan internet bagi para pengguna. Sebab, internet kini sudah menjadi bagian dari kehidupan bagi masyarakat. Baik itu untuk mendapatkan informasi, pendidikan, hingga kegiatan ekonomi, semua sudah menggunakan internet. Tentu, kelancaran internet haruslah didukung dengan keadaan jaringan yang bagus. Jika jaringan ternyata jelek, maka sudah dipastikan internet tidak akan berjalan dengan lancar, dan ini dapat berpengaruh dan merugikan para masyarakat yang menggunakan layanan operator tersebut.

 

Kenapa Jaringan Indosat Jelek

Baca Juga:

Cara Transfer Pulsa XL, Telkomsel dan Indosat
Macam Jenis Jaringan 4G dan Kategori Jaringan 4G LTE
Fitur-Fitur Keren Google yang Perlu Anda Ketahui

Karena itu, jika kamu ternyata seorang pengguna layanan dari operator Indosat, kamu harus tahu apa saja penyebab dan alasan kenapa jaringan Indosat jelek serta bagaimana mengatasi jaringan Indosat yang jelek. Pada dasarnya, jelek atau bagusnya sebuah jaringan operator dipengaruhi oleh beberapa hal yang mendasar, dan ini bisa terjadi bagi operator manapun. Untuk mengetahuinya, kamu perlu melakukan beberapa langkah untuk bisa mengetahuinya apakah jaringan Indosat yang kamu gunakan benar-benar jelek atau tidak.

Pertama, untuk memastikan apakah jaringan Indosat yang kamu miliki jelek atau tidak, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Speedtest. Aplikasi ini dikembangkan oleh Ookla, dan bisa di download di Playstore untuk para pengguna Android dan di Appstore untuk para pengguna iOS. Nantinya, kamu cukup mengikuti langkah-langkah yang ada di aplikasi untuk menggunakannya sehingga bisa memastikan apakah jaringanmu bagus atau jelek. Disitu nantinya ada keterangan seperti berapa kecepatan jaringan yang kamu miliki, jenis jaringan yang kamu gunakan, dan juga server mana yang digunakan oleh jaringanmu.

Kedua, kamu bisa melakukan sedikit tweak jaringan. Sayangnya, ini hanya berlaku untuk para pengguna Android

saja. Untuk para pengguna iOS tidak bisa melakukan trik tweak ini. Hal ini bisa kamu lakukan ketika kamu bisa masuk ke dalam Mode Engineering. Atau kamu juga bisa melakukan di bagian pengaturan, dengan syarat ada opsi tersebut di pengaturan. Jika tidak, maka kamu harus bisa masuk ke dalam Mode Engineering secara sendiri. Setelah masuk mode tersebut, kamu nantinya bisa mengamati keterangan tentang jaringan yang kamu dapatkan. Disitu akan ada keterangan berupa angka dengan satuan dBm dibelakangnya. Lihatlah angkanya. Jika angkanya >-70, bisa dikatakan jaringan yang kamu miliki bagus. Namun, jika ternyata keterangan angka berupa <-110, maka jaringanmu sangat jelek. Ini dikarenakan keberadaan perangkatmu jauh dari BTS operator layananmu.

Ketiga, ketahui jaringan apa yang kamu gunakan pada perangkatmu. Sampai saat ini, jaringan yang baik menggunakan 4G atau LTE. Jaringan tersebut sangat baik untuk digunakan SMS, telepon, hingga internet. Untuk internet, jaringan tersebut merupakan jaringan yang sangat cepat daripada generasi jaringan-jaringan sebelumnya. Jaringan yang paling lambat adalah jaringan 2G atau Edge. Jaringan ini hanya bisa digunakan untuk SMS atau telepon saja. Namun untuk internet, kamu tidak bisa mengandalkannya sama sekali. Untuk itu, coba lihat keterangan jaringan pada layar perangkatmu, biasanya akan tertulis jaringan yang kamu gunakan adalah 2G, 3G, atau 4G.

Keempat, lihatlah keadaan sekitarmu. Dimana keberadaanmu sekarang, di tengah perkotaan, di dalam sebuah

gedung, atau di sebuah desa yang jauh dari keramaian perkotaan. Lokasi yang seperti itu terkadang juga berpengaruh dalam mendapatkan jaringan bagus atau jelek. Jika dibandingkan, jaringan di desa tidaklah sebagus jaringan di perkotaan. Ini disebabkan arus lalu lintas dan penggunaan jaringan lebih banyak dilakukan oleh masyarakat perkotaan daripada masyarakat pedesaan. Jadi, jika kamu berada di luar perkotaan, kamu jangan heran lagi akan mendapatkan jaringan yang jelek daripada di kota. Namun, bukan berarti di perkotaan akan selalu mendapatkan jaringan bagus selalu. Nyatanya, terkadang sering ditemukan beberapa wilayah di perkotaan yang memiliki sinyal yang jelek, khususnya jaringan Indosat. Tempat ini biasa dikenal dengan istilah blind spot. Tempat tersebut biasanya seperti di parkir basement atau di dalam gedung. Jadi, jangan terburu-buru mengeluh kenapa jaringan Indosat jelek. Siapa tau lingkunganmu tak mendukung.

Baca Juga: