Relevansi Filsafat di Era Teknologi

Relevansi Filsafat di Era Teknologi

Relevansi Filsafat di Era Teknologi

Relevansi Filsafat di Era Teknologi
Relevansi Filsafat di Era Teknologi

Dalam Metaphysica, Aristoteles menyatakan bahwa “segala manusia ingin mengetahui”. Segala keingintahuan dan pertanyaan manusia tidak akan pernah berakhir dan tidak ada habisnya, sehingga mereka mulai berpikir tentang segala sesuatu disekitarnya untuk menjawab pertanyaan dan keingintahuannya tersebut. Dengan kata lain, manusia melakukan berbagai aktivitas pemikiran maupun refleksi terhadap berbagai fenomena realitas yang dihadapinya melalui model pemikiran rasionalisme maupun empirisme atau memadukan keduanya. Untuk mengembangkan pemikirannya tersebut, manusia membangun pemikiran kefilsafatannya dengan keyakinan bahwa melalui filsafat tersebut, mereka mampu menyoroti gejala atau fenomena yang menjadi focus kajiannya berdasarkan sebab-akibat pertamanya (Anshari, 2002).

            Filsafat berperan dalam membangun peradaban.Dengan perenungan ke filsafatan tersebutakan menghasilkan suatu hasil pemikiran atau karya yang berfungsi sebagai simbol eksistensi dan kehidupan manusia untuk menghadapi pertentangan, kekalahan, dan kemenangan dalam hidupnya. Dengan berjalannya waktu, peradaban manusia semakin berkembang dan maju seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut membuat kehidupan manusia menjadi lebih cepat dan mudah dalam memenuhi segala kebutuhannya.Selain itu, di era teknologi seperti saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut memiliki peran penting dalam pembentukan sifat dan identitas manusia.Pesatnya perkembangan teknologi saat ini telah meningkatkan pikiran dan diri manusia, serta kemampuan manusia dalam menjalani kehidupannya.Perkembangan teknologi tersebut tidak hanya membawa dampak positif, namun juga membawa dampak negative bagi kehidupan manusia, yaitu merubah nilai, budaya, sikap, dan pemikiran manusia.Hal inilah yang membuat filsafat memiliki peran kritis dan kuat dalam mengendalikan perkembangan teknologi dan menyelesaikan permasalahan dalam penggunaan teknologi (Rosyidah, 2010).Dalam essay ini, penulis akan membahas mengenai relevansi filsafat di era teknologi.

Di abad kedua puluh saat ini, perkembangan teknologi telah memiliki peran penting dalam kehidupan manusia.Dalam hal ini, masyarakat modern telah berhasil mengembangkan ilmu pengetahuan hingga dapat mengembangkan teknologi yang dapat membuat kehidupan manusia semakin mudah dan cepat.Perkembangan IPTEK tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir dan berkreasi manusia semakin maju dan meningkat, serta adanya tuntutan lingkungan yang semakin mendesak. Teknologitersebut dapat dijelaskan sebagai pengetahuan tentang cara pandang dan pengalaman yang membentuk cara bertindak kita, cara bagaimana kita menggunakan alat dan cara bagaimana kita menggunakan alat dan cara kita berhubungan dengan dunia kehidupan sehingga teknologi membentuk arah gerak sains (Liam, 2008). Hal tersebutlah yang menjadi kebiasaan manusia yang tidak disadari oleh mereka sehingga mereka dapat menerima kehadiran teknologi tanpa banyak mempersoalkannya.

Sumber : https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/movie-fx-apk/