Minum Pil KB Saat Hamil, Ini Bahaya yang Mungkin Terjadi

Minum Pil KB Saat Hamil, Ini Bahaya yang Mungkin Terjadi

Apakah minum pil KB selagi hamil sanggup bahaya? Pil KB adalah salah satu metode pencegahan kehamilan yang lazim digunakan. Namun kalau Anda minum pil KB namun tidak menyadari bahwa udah tersedia janin di didalam kandungan, apakah sanggup merubah perkembangan janin? Ketahui apa saja efek atau bahaya konsumsi pil KB selagi hamil!

Dampak Minum Pil KB Saat Hamil
Jika Anda udah minum pil KB dan baru menyadari belakangan bahwa Anda hamil, salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan apakah perihal ini memicu keguguran atau kelahiran mati?

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa Anda tidak harus risau kala minum pil KB selagi hamil. Meski begitu, terkandung lebih dari satu type alat kontrasepsi yang sanggup memicu komplikasi, namun mengfungsikan pil KB atau hormone delivery devices (seperti birth control patch (koyo KB) atau NuvaRing) relatif aman.

Meski masih terbilang aman, Anda terhitung harus mewaspadai bahwa konsumsi pil KB selagi hamil sanggup mengundang sejumlah tanda-tanda yang sama bersama tanda-tanda hamil, di antaranya:

1. Jadwal Menstruasi Tidak Teratur
Konsumsi pil KB selagi hamil sanggup memicu siklus menstruasi Anda tidak teratur. Meski begitu, depresi, stres, dan lebih dari satu aspek lain terhitung sanggup memicu menstruasi tidak teratur. Oleh gara-gara itu, inspirasi yang paling baik adalah jalankan tes kehamilan untuk memastikan kondisi.

2. Mual
Seperti halnya tanda-tanda hamil, mual di pagi hari adalah suatu hal yang lazim terjadi. Namun, konsumsi pil KB selagi hamil terhitung sanggup memicu mual.

3. Nyeri di Payudara
Saat seorang wanita dinyatakan hamil, payudaranya sanggup menjadi lebih peka selagi disentuh. Kondisi yang sama terhitung sanggup terjadi andaikan Anda minum pil KB selagi hamil.

4. Kelelahan dan Sakit Kepala
Kelelahan adalah tanda-tanda kehamilan yang paling lazim terjadi. Ternyata kelelahan dan sakit kepala terhitung sanggup terjadi selagi Anda minum pil KB selagi hamil.

Apakah Minum Pil KB Saat Hamil Berbahaya bagi Janin?
Jika Anda minum pil KB untuk menghindar kehamilan namun lebih dari satu minggu kemudian baru menyadari bahwa Anda hamil, wajar untuk risau adakah efek pil KB pada janin yang sedang berkembang. Beberapa penelitian mengungkap bahwa konsumsi pil KB terbukti aman pada awal kehamilan.

Akan tetapi, tidak tersedia jaminan bahwa pil KB tidak merubah perkembangan bayi, menjadi pastikan untuk mengunjungi dokter segera sesudah Anda mencurigai atau menyadari bahwa Anda hamil. Jika hasil tes Anda positif, Anda harus berhenti minum pil KB.

Sementara lebih dari satu penelitian mengaitkan antara konsumsi pil KB yang dekat bersama periode pembuahan, berisiko mengundang berat badan lahir rendah, kelahiran prematur, kelainan saluran kemih bawaan, dan kehamilan ektopik. Meski begitu, ketakutan ini kebanyakan belum dibuktikan lewat tinjauan medis yang mendalam.

Pada akhirnya, tidak tersedia bukti kuat bahwa meminum pil KB akan membahayakan janin atau memicu komplikasi kehamilan.

Penelitian Minum Pil KB selagi Hamil dan Etika Medis
Penting untuk diketahui, hingga kini belum banyak penelitian yang mengungkap bahaya minum pil KB selagi hamil. Etika medis tidak akan melepaskan siapa pun jalankan penelitian yang sanggup membahayakan ibu atau janinnya.

Dengan demikian, lebih dari satu besar knowledge berasal berasal dari penelitian epidemiologi yang membandingkan ibu yang udah mengfungsikan pil KB selama awal kehamilan bersama yang belum. Dalam perihal ini, terkandung sedikit perbedaan didalam jumlah cacat lahir, keguguran, atau kelahiran mati di antara ke-2 group tersebut.

Sebagai tindakan pencegahan, kalau Anda mencurigai hamil, segera jalankan tes kehamilan. Jika tes kehamilan positif, berhenti minum pil KB. Jika Anda risau gara-gara minum pil KB sebelum saat menyadari bahwa Anda hamil, konsultasi bersama dokter, namun yakinlah bahwa konsumsi pil KB selagi hamil adalah suatu hal yang tidak harus dikhawatirkan gara-gara risiko gangguan pada janin yang relatif kecil.

Penggunaan Pil KB yang Tepat
Setelah menyadari bahwa konsumsi pil KB selagi hamil tidak membahayakan, lebih dari satu wanita masih tersedia yang yakin bahwa konsumsi pil KB secara terus-menerus sanggup menggugurkan kandungan. Padahal, tidak tersedia bukti yang menunjukkan perihal tersebut.

Hormon-hormon didalam pil KB bekerja bersama menebalkan lendir serviks untuk menghindar sperma memasuki rahim, menghentikan ovulasi, dan menghindar penebalan susunan rahim untuk mendukung implantasi. Tidak satupun berasal dari hal-hal ini yang berkontribusi pada keguguran atau kelahiran mati.

Ketika digunakan bersama tepat, lebih dari satu besar type pil KB dianggap lebih berasal dari 99 persen efektif menghindar kehamilan. Namun, kadang kala wanita yang konsumsi pil KB tidak menyadari bahwa dirinya hamil. Jika Anda berada didalam kondisi ini dan merencanakan untuk menjaga kehamilan, Anda harus berhenti minum pil KB.

Baca Juga :