Benarkah Harimau Jawa masih Ada

Benarkah Harimau Jawa masih Ada

Benarkah Harimau Jawa masih Ada

Benarkah Harimau Jawa masih Ada
Benarkah Harimau Jawa masih Ada

BALAI Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) menemukan indikasi masih hidupnya harimau Jawa yang dinyatakan punah puluhan tahun lalu. Sebelum kepunahan harimau jawa, semenanjung Ujung Kulon memang menjadi salah satu habitat hewan dengan nama latin Panthera tigris sondaica ini.

Pada pertengahan 1970, salah satu subspesies harimau di Indonesia ini

dinyatakan mengalami kepunahan (extinct) oleh lembaga International Union of Conservation for Nature (IUCN). Mundur lagi ke 30 tahun sebelumnya, sepupu dekat harimau jawa, yakni harimau bali, juga telah dinyatakan punah. Hingga saat ini ada tiga subspesies harimau di dunia yang dinyatakan punah oleh IUCN, yaitu harimau kaspia, harimau bali, dan harimau jawa.

Kepala Balai TNUK Mamat Rahmat mengatakan indikasi harimau jawa

belum punah ditemukan saat para pegawai melakukan inventarisasi banteng di padang penggembalaan di Cidaon, Jumat (25/8) lalu. Saat itu mereka melihat kucing besar sedang memangsa bangkai banteng. Dari perawakannya, kucing besar tersebut lain dari yang biasa ditemui.

“Kawan-kawan melihat ada binatang kucing besar, tapi dengan

lorengnya itu sedikit berbeda dengan macan tutul yang dijumpai teman-teman di Ujung Kulon. Akhirnya difoto, diduga apakah ini macan tutul jawa atau kucing besar lainnya, misalnya, harimau Jawa,” kata Mamat. Pihak balai sendiri, menurut Mamat, berharap harimau jawa masih ada di sana.

 

sumber :

https://profilesinterror.com/alice-in-the-mirrors-apk/