SITEM BASIS DATA

SITEM BASIS DATA

Table of Contents

SITEM BASIS DATA

SITEM BASIS DATA
SITEM BASIS DATA

1.    Latar Belakang Basis Data

Penggunaan basis data pada saat ini telah anayak di gunakan untuk keperluan keseharian dari kehidupan manusia namun terkasang tidak banyak oranag menyadarinya.

Basis data terdiri dua kata yaitu basis dan data.Basis dapat di artikan sebagai tempat berkumpul,markas atau sarang,sedangkan data suatu fakta dari duni nyata yang mewakili satu objek seperti kaset (lagu,penyanyi,pencipta dan lain-lain) atau kendaraan (mobil,motor,bus dan lain-lain).

Di bawah ini merupakan pemanfaatan untuk memenuhi obyektifitas dalam basis data:dengan contohnya kaset

–          Kecepatan dan kemudahan

Memungkinkan untuk perubahan data,dan pengambilan suatu data di bandingkan jika di lakukan secara manual.

–          Efisiensi ruang penyimpanan

Optimalisasi penggunaan ruang penyimpanan dapat dilakukan,dengan menerapkan sejumlah pengkodean atau membuat keterhubungan antar kelompok data dengan menerapkan aturan /batasan data.

–          Keakuratan

Pemanfaatan pengkodean atau pembentukan keterhubungan antar kelompok data dengan menerapkan aturan atau batasan data .

–          Ketersediaan

Perkembangan data sejalan dengan waktu membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, sehingga data administrator harus memilah yang mana yang merupakan data utama, data master, data referensi, datat transaksi, data histori hingga data yang sudah tidak du gunakan lagi, pemilahan ini untuk mempermudah dalam hal pencarian data dan mengefesiensi ruang penyimpanan data.

–          Keamanan

Aplikasi pengelolaan basis data ada yang tidak menerapkan aspek keamanan dalam penggunaan basis data tetapi untuk sistem yang besar dapat di terapkan dengan ketat. Untuk itu perlu ditentukan siapa yang boleh menggunakan aplikasi beserta objek-objek di dalamnya dan jenis operasi yang di gunakan.

–          Pemakaian bersama

Pemakaian aplikasi basis data tidak hanya terbatas pada suatu orang pengguna saja di dalam suatu lokasi. Basis data yang dikelola oleh suatu aplikasi yang mendukung lingkungan banyak pengguna baik di dalam suatu aplikasi ataupun di lokasi yang berbeda.

Baca Juga :