NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING – (Teknik Mengubah Pola Pikir)

NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING – (Teknik Mengubah Pola Pikir)

Apakah penting untuk berpikir positif? Ya, hal ini penting sebab bersama kesimpulan positif, Anda akan jadi orang yang mempunyai banyak berlebihan yang sangat berfaedah di dalam kehidupan. Kebiasaan berpikir positif membuat kepribadian Anda lebih baik. Ini terhitung akan membuat lebih ringan di dalam bergaul sebab orang-orang akan menyukai Anda. kegunaan lain dari tradisi ini adalah bahwa Anda bisa menikmati hidup lebih sehat dan merasakan peningkatan kekuatan dan peningkatan stamina. Seperti halnya menambah kekebalan terhadap beragam serangan penyakit. Maka Anda harus membuat perubahan asumsi dari negatif ke asumsi positif, metode teknik membuat perubahan pola pikir ada 5 diantaranya :
Metode NLP = Neuro Linguistic Programming;
Kontemplasi = Perenungan = Muhasabah = ESQ Technique;
Membangun Konsep Diri (Self Concept);
Pemetaan Pikiran = Mind Mapping;
Pengetahuan Hipnosis, dsb.

Saat ini NLP (Neuro Linguistic Programming) seolah tengah jadi suatu bidang baru yang digandrungi oleh beragam pihak di Indonesia. Mulai dari eksekutif papan atas, pengusaha, psikolog, dokter, olahragawan, dosen, bintang film bahkan sampai politisi. Sebenarnya apakah NLP itu ?
Beberapa sumber menyatakan mempelajari NLP sama bersama mempelajari manual otak manusia, sering kadang disebut sebagai people skill technology, atau disebut terhitung psychology of excellence. Intinya adalah tahu bagaimana cara kerja otak supaya seseorang bisa jadi tuan atasnya, bukan jadi budaknya. Sedangkan para pengagas NLP sendiri merumuskan NLP sebagai The study of subjective experience .
Neuro merujuk terhadap otak / pikiran, bagaimana kami mengorganisasikan kehidupan mental kita.
Linguistic adalah perihal bahasa, bagaimana kami mengfungsikan bhs untuk mencipta arti dan pengaruhnya terhadap kehidupan kita.
Programming adalah perihal rangkaian sistem mental yang berpengaruh atas perilaku di dalam meraih tujuan tertentu, dan bagaimana laksanakan modifikasi atas sistem mental itu.
NLP merupakan suatu cara untuk menyaring beragam pengalaman atau hal-hal yang kami menghadapi di dalam kehidupan sehari-hari melalui Lima Indera.

BAHASA DAN PEMOGRAMAN PIKIRAN
Pikiran Sadar
Pikiran tahu adalah asumsi yang mempertimbangkan, dan merupakan asumsi yang memilih, misalnya menentukan buku, tempat tinggal atau pasangan hidup. Pikiran bawah tahu adalah menerima apa yang dikesankan padanya atau apa yang kamu percayai secara sadar. Tidak memperhitungkan seperti asumsi tahu anda, misalnya seperti tanah, yang menerima segala model benih, yang baik maupun yang jelek.

Pikiran Sadar membawa empat fungsi utama :
Mengidentifikasi Info yang masuk, melalui panca indra, penglihatan, pendengaran, penciuman, pencecap, sentuhan/perasaan;
Membandingkan, bersama knowledge base (referensi, pengalaman, dan Info di dalam asumsi bawah sadar);
Menganalisis, merinci Info jadi komponen yang lebih kecil;
Memutuskan respon atau tindakan yang akan diambil terhadap Info yang masuk.
Pikiran Bawah Sadar

Menurut Dr. Joseph Murphy, D.R.S. Ph.D, DD, LLD seorang penulis buku dari Amerika Serikat bahwa “Pikiran bawah tahu mengikuti perintah yang diberikan berdasarkan atas kepercayaan dan kesimpulan asumsi sadar” asumsi bawah tahu adalah tempat kedudukan emosi dan merupakan asumsi yang kreatif, misalnya kamu berfikir positif maka hal-hal yang positiflah yang terjadi, begitupun sebaliknya.

Pikiran bawah sadar, seringkali memberi tambahan simpul-simpul dan peringatan-peringatan yang akan membawa kami kepada hal-hal yang cenderung positif. Simpul-simpul inilah yang disebut bersama intuisi yang tetap memberi tambahan peringatan atau klakson kepada kita. Akan tapi asumsi sadar, mempunyai pandangan yang tidak sama dan asumsi tahu lebih besar pengaruhnya terhadap asumsi manusia sebab asumsi manusia dihadapkan terhadap fakta-fakta, janji-janji yang menggiurkan dan lingkungan, supaya membuat asumsi bawah tahu manusia seringkali dimanipulasi oleh asumsi sadar. Akan tapi misalnya kami bisa menyelaraskan antara asumsi bawah tahu dan asumsi sadar, maka hasil yang diperoleh akan jauh lebih optimal dan lebih baik, inilah suatu kekuatan yang bisa membawa kepada kesuksesan.

Para pakar psikologi dan psikiatri menyatakan bahwa misalnya asumsi disampaikan kepada asumsi bawah sadar, akan terbentuk kesan di dalam sel-sel otak. Pikiran bawah tahu mengfungsikan kekuatan tak terbatas, yakni energy, dan kebijaksanaan dari di dalam diri manusia dan asumsi bawah tahu mengfungsikan semua hukum alam untuk meraih tujuannya. Kadang-kadang hasil atau jawabannya singgah seketika dan caranya tidak bisa dijajaki. Pikiran bawah tahu tidak memperdulikan apakan asumsi kamu itu baik atau jelek, benar atau salah. Pikiran bawah tahu akan menerima hal itu sebagai benar dan langsung mengundang hasil di dalam kenyataan.

Apabila kami bisa mengikuti dan mendengarkan simpul-simpul dan intuisi dari asumsi bawah sadar, maka kami akan bisa laksanakan apa-pun yang disampaikan asumsi bawah sadar, dan menghindari asumsi tahu yang tidak sejalan, seperti kalimat gagasan yang tidak diketahui penulisnya, menjelaskan bahwa “pikiran yang indah dan emosi yang positif adalah bahan untuk mewujudkan keajaiban”.

Bahasa Pikiran Bawah Sadar
Pikiran bawah tahu tidak bisa membedakan imajinasi dan kenyataan.
Pikiran bawah tahu cuma mengenal kata “positif”, tidak mengenal kata “negatif” seperti : tidak, jangan, dsb. Contoh : “jangan jatuh” , rubah bersama “pertahankan tetap berdiri”.
Pikiran bawah tahu cuma mengenal kata sekarang atau kala ini (present tense), tidak mengenal kata besok atau lusa. Contoh : jangan katakan “besok saya akan berhenti merokok”, tapi “sekarang saya harus berhenti merokok”.
Pikiran bawah tahu cuma mengenal kata “saya”, tidak mengenal kata: kamu, kami, kami atau mereka.
Pengulangan, katakanlah berulang-ulang sampai bawah tahu tahu pesan Anda (Ingat : pembiasaan).
PIKIRAN SADAR :
Menguasai 7 ± 2 bit informasi
Berpikir berurutan
Logis
Linier
Berpikir
Pengalaman sekunder
Sadar
Gerakan sadar
Masa kini
Mencoba tahu masalah
Memilih/mengarahkan tujuan
Disengaja
Verbal
Analitis
Fokus terbatas
Kognitif
Memproses sehabis 0,5 detik

PIKIRAN BAWAH SADAR :
Menguasai 2,3 juta bit informasi
Simultan/bersamaan
Intuitif dan menghubungkan
Sibernetik/acak
Merasa
Pengalaman primer
Tidur, mimpi, dll
Gerakan tak sadar
Menyimpan informasi/Memori
Mengetahui solusi
Membuat tujuan tercapai
Otomatis
Non-Verbal
Sintetis
Tak terbatas, dan ekspansif
Eksperiensial
Memproses langsung, sebelum akan asumsi bawah tahu menyadari
Sandy MacGregor (2005,15) menjelaskan bahwa “Accelerated Learning” (Belajar Efektif/Cepat) sebenarnya terhitung berlangsung di dalam rencana NLP, yakni bersama menyederhanakan/memfo-kuskan “panca-indra” jadi “tiga-indra” yang dominan yakni VAK :
Visual = penglihatan ,
Auditori = pendengaran,
Inestetik = gerak,

Dengan demikian kami terhitung bisa mengfungsikan teknik NLP untuk meningkatan sistem studi dan hasil belajar

Artikel Lainnya : blackpink members

ASUMSI DASAR NLP
Dalam Membentuk Pola Sudut Pandang seseorang:
Menghormati cara orang lain membentuk dunianya
Peta bukanlah wilayah
Selalu ada maksud baik dari tiap tingkah laku
Orang-orang laksanakan hal yang paling baik sebatas sumber-sumber yang diketahui
Tidak ada orang yang kaku, cuma komunikator yang tidak cukup fleksibel
Makna komunikasi adalah respon yang kamu peroleh
Seseorang bersama fleksibilitas akan bisa mengontrol dirinya
Tak ada kegagalan, cuma umpan balik yang tidak cukup tepat
Setiap pengalaman mempunyai struktur sendiri
Manusia membawa dua tingkatann komunikasi : tahu dan bawah sadar
Semua orang mempunyai sumber-sumber yang memadai manfaat merubah diri kearah lebih positip. Sumber-sumber tsb berasal dari pengalaman jaman lantas individu.
Tubuh dan asumsi saling mempengaruhi
Jika sesuatu mungkin bagi seseorang maka hal itu terhitung mungkin bagi yang lain
Saya bertanggung jawab perihal kesimpulan saya, Oleh sebab itu saya bertanggung jawab akan hasil yang saya peroleh.

Baca Juga :