Perbedaan Kepercayaan Pengobatan Terhadap Hal Kesehatan

Perbedaan Kepercayaan Pengobatan Terhadap Hal Kesehat

Perbedaan Kepercayaan Pengobatan Terhadap Hal Kesehatan

Perbedaan Kepercayaan Pengobatan Terhadap Hal Kesehat
Perbedaan Kepercayaan Pengobatan Terhadap Hal Kesehat

Menurut pendapat responden, para dukun pengobatan medik bermanfaat untuk penyakit tertentu tetapi kemampuan terbatas. Ini karena kepercayaan medis terhadap kesehatan semata-mata dari ilmu pengetahuan. Pengetahuan ini hanya menganggap hal jasmani/fisik. Menurut pendapat David Abram, pola-pikir ini yang terbatas hanya mengobati persoalan yang dangkal dari luar daripada menghilangkan sama sekali. Karena itu persoalan ini bisa menimbulkan di tempat lain atau bentuk yang berbeda (Abram, 28.10.04:2). Dari wawasan kesehatan ini, sifat-sifat fisik tidak seharusnya diobati dalam isolasi.

Memang sulit sekali dari pikiran para dokter untuk percaya dengan penyakit dan penyebab penyakit yang tidak bisa kelihatan. Pola-fikir ‘spiritual’ yang dinilai dukun tidak ‘masuk akal’ untuk dokter. Karena itu Bapak Hozmanto menjelaskan hubungan pengobatan alternatif dengan pengobatan kedokteran hanya berbeda ‘pengertian saja’. Persoalan ini digarisbawahi artikel dalam surat kabar mengenai pasien yang kesakitan ‘energi negatip’ tetapi tidak bisa dikenal atau diobati para dokter.

Walaupun ada batasan dalam bidang medikal, penyakit yang sangat bersifat fisik lebih baik diobati jenis pengobatan ini. Bapak Hozmanto berpikir bahwa sering alasan-alasan mengapa pengobatan modern tidak bisa menyebuhkan pasien mungkin sebab energi negatip. Dalam situasi ini pengobatan kebatinan bisa menghilangkan energi negatip kemudian obat-obatan modern bisa menemuhi tujuannya. Kalau pengobatan ini bersamaan dipakai, itu lebih berhasil.

Sumber : https://www.pearltrees.com/theeacher/item275533362