Analisis Perbedaan Kepercayaan Pengobatan

Analisis Perbedaan Kepercayaan Pengobat

Analisis Perbedaan Kepercayaan Pengobatan

Analisis Perbedaan Kepercayaan Pengobat
Analisis Perbedaan Kepercayaan Pengobat

Pebedaan yang terutama di antara pengobatan alternatif dengan pengobatan modern berdasarkan cara-pikir pengobatannya. Pengobatan pertama berpola-pikir logika yang menganggap penyakit yang bersifat lahir. Pola-pikir alternatif yang menganggap penyakit yang bersifat batin bersama lahir juga. Haslinya pertanyaan daftar menunjukkan bahwa ada kecenderungan untuk banyak responden memilih pengobatan modern sebagai pilihan utama kemudian memilih pengobatan alternatif kalau tidak bisa disembuhi.

Walaupun para responden ini mengutamakan pengobatan modern mereka masih sadar dan bergantung pada tersedianya pengobatan alternatif seperti pengobatan yang memakai mantra atau tenaga dalam. Yang menarik, para responden ini cenderung mengutamakan pola-pikir modern dari pada pola-pikir tradisional. Dalam kata lain, seseorang lebih mudah mengidap penyakit tertentu sebagai penyakit fisik. Kalau obat-obat khusus fisik tidak menyembuhkannya lalu penyakit ini disebabkan sesuatu yang selain fisik. Lalu pengobatan alternatif lebih cocok dalam keadaan ini. Kalau ada pola untuk memakai pengobatan alternatif sebagai pilihan terakhir kemudian ada kemungkinan bahwa penyakit sudah parah atau lebih parah. Karena itu lebih sulit untuk diobati pengobatan alternatif karena kemungkinan bisa disembuhi dan hasilnya sudah rendah atau dikurangi.

Walaupun ada perbedaan di antara perspektif umum para dukun dengan para dokter terhadap kesehatan, sering pengobatan kedua-duannya saling dipakai. Para responden memiliki pendapat umum bahwa kesehatan termasuk sifat jasmani dan sifat rohani. Pada sisi yang sama ada persepsi bahwa sistem pengobatan yang lengkap termasuk pilihan pengobatan alternatif maupun pengobatan modern. Pengobatan modern merupakan spesialis penyakit fisik sedangkan pengobatan alternatif merupakan spesialis penyakit selain fisik. Lalu keadaan yang lebih memastikan untuk kesehatan adalah campuran pengobatan kedua-duannya oleh pasien. Kedua-duannya bisa menawarkan sifat-sifat yang tidak disediakkan jenis lain dan sebaliknya.

Walaupun ada keterbatasan dalam jenis pengobatan kedua-duanya, ada kesadaran terhadap kegunaan jenis lain. Misalnya pengobatan modern hanya menganggap sifat lahir dalam proses penyembuhan tetapi bisa mengobati penyakit lahir secara manjur. Pada sisi lain pengobatan alternatif tidak rasional tetapi bisa mengobati penyakit yang selain fisik.

Sumber : http://sco.lt/91sPWy