Parental Control dalam Penggunaan Gadget bagi Anak

Parental Control dalam Penggunaan Gadget bagi Anak

Dengan segala keunggulan dari gadget sebagai media pembelajaran, tentu diperlukannya peran orang tua dalam pengawasan agar proses kemajuan anak menjadi terarah dan memanfaatkan gadget untuk membangun minat belajar anak. Anak perlu senantiasa dimotivasi supaya minat belajarnya konsisten dan teguh. Sifat alamiah anak-anak yang senang bermain tentu menjadi tantangan besar bagi orang tua dalam proses ini. Memotivasi bukan berarti menanamkan paradigma bahwa belajar adalah yang paling penting dibandingkan melakukan kegiatan lainnya. Memforsir anak untuk selalu belajar tidak menjadi langkah terbaik untuk masa pertumbuhan anak.

Pendampingan yang dimaksud adalah pengaturan jadwal antara membaca bahan belajar dan bermain. Orang tua berkewajiban penuh memegang kendali jadwal kegiatan anak. Penggunaan metode belajar sambil bermain juga menjadi salah satu alternatif bagi orang tua dalam membimbing sang anak untuk melewati masa-masa krusialnya ini. Selain itu, anak sebaiknya tidak diajarkan terlebih dahulu cara mengakses internet sehingga tidak memberi celah kosong yang bisa saja menjadi blunder pada perkembangan anak.

Penggunaan aplikasi offline lebih dianjurkan daripada aplikasi berbasis online atau aplikasi yang membutuhkan jaringan internet. Orang tua juga harus mempertimbangkan perkembangan sosial bagi anak yakni dengan memberi porsi untuk anak bersosialisasi dengan anak lain, dapat dilakukan di lingkungan rumah maupun sekolah. Sehingga dengan begitu, selain intelektual sang anak berkembang, kepekaan terhadap sosial dalam diri anak juga terbangun.

Sumber : studybahasainggris.com/