Mitos Makanan yang Membuat Gemuk pada Anak

Mitos Makanan yang Membuat Gemuk pada Anak

Kementerian Kesehatan mengindikasikan bahwa persoalan gizi di Indonesia ialah stunting (pendek), wasting (kurus) dan overweight (gemuk). Jika mempunyai anak yang berat badannya berlebih, maka orang tua mesti seksama menghindari makanan yang menciptakan gemuk.

Banyak toko makanan organik bermunculan. Tidak tidak banyak orang tua yang termakan label “sehat”, “organik” atau “bebas gluten” pada makanan yang sedang tren ketika ini. Siapa sangka ternyata makanan tersebut malah adalahmakanan yang menciptakan gemuk pada anak.

Makanan dengan label “diet”, “bebas gluten”, dan “organik”
Tren makanan dan label pada produk dapat menciptakan Anda percaya bahwa anak mengonsumsi makanan sehat. Ketika memberi santap anak yangsedang tumbuh dan berkembang, urgen untuk menyaksikan makanan secara utuh. Lihat kandungan sodium, pemanis buatan, nilai nutrisi, dan kalorinya. Semua haltersebut mempunyai peran untuk menyimpulkan apakah makanan tersebut sehat atau tidak.

Jus buah sehat untuk anak
Banyak orang tua percaya bahwa jus buah menyehatkan untukanak. Benar, andai jus buah diciptakan tanpa gula. Faktanya, banyak sekali jus buah menjadi makanan yang menciptakan gemuk sebab kandungan gulanya yang tinggi. Sebaiknya beribuah segar guna dimakan dan mempunyai kandungan serat yang tidak hilang ketika dilumat oleh blender.

Sereal ialah makan terbaik guna sarapan
Sereal tersebut mudah guna disajikan dan enak untuk anak.Makanan ini juga sesuai jika terburu-buru pergi ke sekolah. Tetapi, sejumlah sereal di pasaran mempunyai kandungan gula lebih tinggi dari makanan pencuci mulut. Maka, waspadalah pada ucapan-ucapan “organic molasses”, “madu”, “gula tebu organik” yang menyerahkan kesan seakan-akan makanan itu sehat. Padahal, bahan-bahan itu adalahgula yang dapat menciptakan gemuk. Sebaiknya, berikan buah, yoghurtrendah lemak, telur, atau oat.

Roti gandum utuh ialah roti yang sehat
Ada persamaan antara roti putih dan roti gandum utuh,yaitu dua-duanya adalahmakanan yang menciptakan gemuk sebab kandungan glukosa yang tinggi. Tidak melulu dapat menyebabkan eskalasi berat badan pada anak,tetapi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius laksana diabetes.

Roti dengan biji gandum utuh bukan berarti bahwa makanan itu berisi biji-bijian yang diperlukan oleh anak. Dalam proses pembuatannya, adonan putih gandum ini juga dibaur dengan tepung terigu dan dedak gandum. Akibatnya, roti ini mempunyai indeks glikemik yang tinggi.

Yoghurt beku ialah makanan penutup yang baik
Yoghurt beku dapat jadi pilihan yang sehat daripada es krim, namun bukan berarti ini ialah pilihan terbaik. Meskipun yoghurt beku rendah lemak, dapat jadi mempunyai kandungan kalori yang tinggi. Satu cup yoghurt beku mempunyai 380 kalori dengan kandungan gula 76 gram. Apalagi bila diperbanyak taburan laksana permen atau sirop yang jelas mempunyai kandungan gula yang tinggi. Alternatifnya, berikan yoghurt beku rendah lemak dengan buah. Buah bakal memberi rasa manis tanpa meningkatkan kandungan gula yang berbahaya. Di samping itu, berikan yoghurt dalam porsi yang kecil.

Keripik sayur lebih baik daripada keripik kentang
Nutrisi urgen dari sayur hilang sebab proses penciptaan jadi keripik tersebut. Sebaiknya, kita dapat menciptakan sendiri keripik sayuran laksana keripik bayam atau kale di rumah. Menggoreng sayuran dengan tidak banyak minyak zaitun dan garam lebih baik guna kesehatan anak. Selain meminimalisir makanan yang menciptakan gemuk, iringi dengan berbagai kegiatan untuk menghindari kegemukan pada anak. Berikan camilan-camilan sehat yang dapat Anda bikin di rumah, sebab Anda dapat mengatur kandungan gula yang masuk ke dalam makanan.

Sumber : http://www.jachta.lt/mecstats/index.php?page=reffer_detail&dom=www.pelajaran.co.id