Guru yang Bersinergi dan Cakap Berkompetisi

Guru yang Bersinergi dan Cakap Berkompetisi

Guru yang Bersinergi dan Cakap Berkompetisi

Guru yang Bersinergi dan Cakap Berkompetisi
Guru yang Bersinergi dan Cakap Berkompetisi

seorang guru merupakan sebuah kebanggaan. Tuntutan agar bersikap profesional merupakan sebuah tantangan yang harus ditaklukan. Menjadi guru profesional saat ini sangat di hargai. Untuk itu, profesionalisme seorang guru hendaklah senantiasa melekat. Guru profesional tidak melulu harus senior, bahkan guru-guru baru saat ini juga harus mempunyai kompetensi profesional.

Kemampuan seorang guru sebelum masuk ke kelas terangkum dalam kompetensi yang harus dimiliki di antaranya adalah kemampuan pedagodik, kepribadian, sosial dan profesional. Ke empat skill tersebut hendaknya melekat pada jiwa seorang guru.

Di antara empat kompetensi itu, ada dua hal yang harus juga seorang guru itu terus latih

dan kembangkan. Kemampuan itu adalah kemampuan untuk mampu bersinergi dan juga berkompetisi. Keduanya bisa di katakan salah satu di antara keempat kemampuan guru seperti yang di tulis di atas.

Arti sinergi menurut KBBI adalah kegiatan atau operasi gabungan, selain itu kita sering menyebut bahkan mengatakan bersinergi, yang artinya melakukan kegiatan bersama atau operasi gabungan. Dalam sinergi atau bersinergi terkandung makna kerjasama atau gotong royong. Bahkan sinergi mengandung arti sinkronisasi energi yang bisa berarti penyatuan energy dan optimalisasi energi.

Guru adalah sosok yang harus sinergi atau mampu untuk bersinergi. Guru harus mampu menjalin

kerjasama atau membuat jejaring baik itu dengan rekan, pimpinan ataupu stackholder di luar kapasitasnya sebagai seorang guru.

Hal ini di maksudkan agar apa yang menjadi tujuan dalam pembelajaran akan senantiasa mampu untuk di wujudkan. Dengan adanya sinergi maka akan banyak pekerjaan besar menjadi lempengan kecil dan kemudian akan mudah untuk di selesaikan. Bahkan tidak heran banyak pekerjaan yang awalnya memerlukan waktu lama dengan bersinergi maka akan semakin cepat untuk di selesaikan yang selanjutnya kembali mengerjaka pekerjaan lainnya.

Dengan banyaknya tangan yang bekerja dan otak yang berpikir maka kemudahan-kemudahan

akan senantiasa di dapatkan. Untuk itu menjadi guru zaman sekarang harus mempunyai semangat dalam bersinergi, membangun jejaring dan bekerjasama tidak hanya dengan kalangan guru, di luar itupun harus senantiasa di lakukan.

Untuk membangun sinergi kita harus bisa memilih dan memilah sarana ataupun media apa yang tepat. Memanfaatkan teknologi menjadi sebuah keharusan di zaman sekarang ini. Banyak manfaat yang bisa diambil terutama dalam membangun jejaring dan juga kerjasama. Saya secara pribadi merasakan betul manfaat dari adanya media sosial yang ada saat ini.

Meskipun, terkadang banyak juga yang salah dalam menggunakan sehingga berefek negatif. Namun, seperti kita ketahui bahwa teknologi akan senantiasa mempunyai dua sisi yaitu sisi positif dan juga negatif.

 

Sumber :

https://egriechen.info/