ATURAN MEMBUAT CERITA FIKSI KEREN

8 ATURAN MEMBUAT CERITA FIKSI KEREN ALA PIXAR

Tahu pixar, kan? Studio asal Negeri Paman Sam yang telah melahirkan tidak sedikit karya animasi canggih di kancah perfilman internasional, laksana Finding Nemo, Wall-e, Toy Story, dan masih tidak sedikit lagi. Nah di antara storyboard artist-nya, Emma Coats menyerahkan sejumlah tips via twitter bagaimana teknik membuat kisah fiksi keren. Cara ini didapatkan Emma dari pengalamannya jadi storyboard artist di Pixar sekitar bertahun-tahun.

Apa saja sih aturan itu?

Berikut ini 8 aturan yang dapat membuat kisah Anda semakin canggih ala Pixar:

Karakter Yang Dikagumi

Karakter tersebut dikagumi sebab mereka mau berusaha keras untuk menjangkau kesuksesan. Bukannya karakter lembek yang terlampau mengalah pada suasana alias pasrah. Karena, pembaca ingin suka karakter berprinsip powerful dan konsentrasi pada tujuannya.

Jadi, jajaki Anda baca ulang mapping karakter yang sudah diciptakan dan lihat apa telah berkarakter powerful atau masih lembek. Jika masih lemah, segera ubah guna membuat kisah semakin keren.

Pembaca Tertarik Dan Penulis Suka Itu Adalah Dua Hal Yang Berbeda

Apa yang menciptakan pembaca unik dan pengarang sukai itu ialah dua urusan yang berbeda. Belum pasti apa yang digemari penulis pun menarik di hadapan pembaca. Begitu juga sebaliknya. Karena itu, simaklah apa saja yang menciptakan pembaca tertarik dengan karya Anda melewati sebuah pemantauan dan riset. Jangan pernah paksakan kesenangan Anda masuk ke dalam cerita. Itu melulu akan membuat kisah rusak dan tidak akan unik lagi guna diikuti.

Formula Sebuah Cerita

Sederhananya, rumus dalam sebuah kisah hanya ada: Pada zaman dahulu kala _________. Setiap hari ________. Karena itu, __________. Hingga akhirnya.

Praktisnya. Terapkan hubungan sebab-akibat dalam suatu cerita. Apa yang melatarbelakangi sebuah kejadian dan apa akibatnya untuk para figur dan lingkungan selama tokoh.

Fokus

Fokus di sini, Anda melulu perlu menyederhanakan konflik persoalan yang bakal menjadi destinasi akhir tokoh. Lalu kombinasikan karakter yang dipunyai demi menjangkau tujuan tersebut. Jangan lupa, guna selalu melemparkan bagian-bagian yang tidak penting. Sekalipun sayang guna dibuang, tapi andai itu dapat membuat kisah lebih bagus, mengapa tidak?

Kumpulan Yang Tidak Mungkin Terjadi

Biasanya kita akan konsentrasi ke apa saja yang mesti terdapat dalam cerita, apa yang saja mesti dilaksanakan si figur dalam menuntaskan masalah dan menjangkau tujuannya. Itu tidak sepenuhnya salah, tapi betapa lebih baik andai Anda pun membuat susunan apa saja yang tidak akan barangkali terjadi dalam cerita. Hal-hal yang tidak akan dilaksanakan tokoh. Sebab, ‘Kumpulan Tidak Mungkin’ itulah yang bakal menjadi penyelamat kita ketika kisah yang ditulis mentok pada sebuah adegan.

Alasan Cerita Itu Harus Ditulis

Nah, ini sebuah hal yang perlu dianggarkan dalam mencatat sebuah kisah fiksi keren.

Apa sih dalil Anda menulis kisah itu? Kenapa Anda mesti menyebutkan dan memublikasikannya?

Alasan berikut yang akan membalikkan semangat kita dalam menulis kisah ketika mood turun sebab suatu hal. Anda bakal kembali menilik apa yang mendasari artikel ini ada. Lalu, tekad untuk menuntaskan sampai akhir pun bakal muncul.

Inti dari suatu cerita

Ini dapat dikatakan tema dari kisah yang ditulis.

Apa tema yang diangkat? Bagaimana teknik paling ekonomis, paling mudah untuk mengisahkan tema tersebut supaya pembaca mengerti?

Jika Anda telah merumuskan ini sedari mula sebelum karya ditulis, maka bakal dengan mudah kisah itu terbangun nantinya.

Latihan

Dari seluruh tips-tips yang ada, tidak bakal pernah terwujud sebuah kisah fiksi canggih dan pantas dinikmati tidak sedikit orang andai tanpa latihan. Di sini, Anda bisa memulainya dengan menyaksikan film-film yang tidak disukai, lalu membongkar ulang kisah tersebut menurut keterangan dari kreasi sendiri dan menyebutkannya.

Istilah kerennya: ATM – Amati, Tiru, dan Modifikasi.

Sudah bisa kan tips canggih dari Emma Coats? Jadi, telah saatnya Anda kerjakan tips terakhir yakni mulai mencatat dan berlatih supaya cerita rekaan keren Anda pantas untuk dinikmati tidak sedikit orang. Sumber:  www.pelajaran.co.id/