Peringati Sumpah Pemuda, OBI Gelar Ekspedisi Bhinneka Pelajar

Peringati Sumpah Pemuda, OBI Gelar Ekspedisi Bhinneka Pelajar

Peringati Sumpah Pemuda, OBI Gelar Ekspedisi Bhinneka Pelajar

Peringati Sumpah Pemuda, OBI Gelar Ekspedisi Bhinneka Pelajar
Peringati Sumpah Pemuda, OBI Gelar Ekspedisi Bhinneka Pelajar

Penyelenggara pendidikan luar ruang (Outdoor Education), Outward Bound Indonesia (OBI) menggelar program “Ekspedisi Bhinneka Bagi Bangsa Membangun Generasi Duta Perdamaian” di kawasan Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat yang berlangsung pada 24-28 Oktober 2018.

Ini merupakan program beasiswa bagi siswa-siswi Indonesia untuk pengembangan karakter, semangat kebangsaan dan kebhinekaan dengan menggunakan metode pembelajaran Ekspedisi Alam yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Sebanyak 35 peserta dari kalangan pelajar SMP dan SMA dari berbagai daerah dan latar belakang mengikuti kegiatan perjalanan ekspedisi alam seperti gunung dan danau yang penuh tantangan tersebut.

“Sasaran Ekspedisi Bhinneka Bagi Bangsa adalah membangun kepercayaan diri, kemandirian

dan semangat toleransi, solidaritas dan kerjasama antar sesama anak bangsa. Harapan kami adalah mereka pulang ke daerah masing-masing menjadi Duta Perdamaian Indonesia,” jelas Wendy Kusumowidagdo, Executive Director Outward Bound Indonesia dalam jumpa media di OBI Eco Campus, Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (28/10/2018).

Wendy mengatakan, para peserta Ekspedisi Bhinneka kali ini berasal dari 13 provinsi, yang berlokasi di ujung barat hingga ujung timur Indonesia, yakni Aceh, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, hingga Papua, dengan beragam kepercayaan seperti Islam, Kristen Protestan, Katholik, dan Hindu.

Dari daerah tadi, Provinsi Papua mengirim kontingen 14 siswa. Adapun Jakarta, Jawa Barat dan Sulawesi Selatan masing-masing mengirimkan tiga peserta. Sementara Riau, Yogyakarta dan NTT masing-masing mengirimkan dua peserta. Daerah lainnya masing-masing satu siswa.

Selama 5 hari para peserta diajak mengikuti berbagai kegiatan seperti berinteraksi dengan masyarakat

di kawasan sekitar Jatiluhur, melakukan pendakian Gunung Parang, Pengibaran Bendera Merah Putih dan Pembacaan Ikrar Sumpah Pemuda di Puncak Gunung Parang, berkemah, dan menempuh ekspedisi air dengan bergotong royong membangun rakit.

Jiwa kebhinekaan para peserta pun ditempa dengan mengombinasikan ke dalam tiga kelompok yang berbeda baik etnis, suku, maupun agama. “Ekspedisi Bhinneka Bagi Bangsa bukan sekadar ajang petualangan bersama. Namun kami dengan sengaja memupuk rasa kebhinekaan dan toleransi antar peserta dengan membagi mereka ke dalam tiga kelompok berbeda, Garuda 1, Garuda 2 dan Garuda 3,” ungkap Wendy.

Kesungguhan OBI dalam menciptakan nuansa Kebhinekaan mengerucut pada misi untuk menciptakan Generasi Duta Perdamaian. Untuk mencapai misi tersebut, OBI menurutnya membuka diri dengan merangkul berbagai pihak untuk menjadi sponsor para peserta Ekspedisi Bhinneka Bagi Bangsa.

Karena memang tidak semua peserta Ekspedisi berasal dari kalangan berada. “Kami menggalang

dana melalui sponsorship untuk memberikan kesempatan bagi pelajar dari keluarga pra-sejahtera untuk mengikuti pendidikan berbagai macam ketrampilan yang dilatih oleh tim instruktur di program Ekspedisi Bhinneka Bagi Bangsa,” papar Wendy lagi.

Berbagai perusahaan dan lembaga pun menyambut terbuka harapan Outward Bound Indonesia dengan menjadi sponsor dalam Ekspedisi Bhinneka Bagi Bangsa kali ini. PT Freeport Indonesia, Wardah Cosmetics, Bank BCA, McDonald’s, British Chamber of Commerce Indonesia, dan Tempo Institute turut mengulurkan tangan untuk menyukseskan program Ekspedisi Bhinneka Bagi Bangsa.

Adapun Djoko Kusumowidagdo, Founder & Chief Executive Officer Outward Bound Indonesia mengemukakan dampak positif pendidikan luar ruang terhadap anak-anak muda. Seperti yang dikemukakan dalam riset English Outdoor Council, pendidikan luar ruang bermanfaat dalam menumbuhkan sikap kemandirian, lebih percaya diri, mencari jalan keluar dalam menghadapi tantangan, melatih ketrampilan berinteraksi sosial, cakap dalam berkomunikasi, serta mudah beradaptasi dalam menjalin kerjasama tim.

“Merujuk survei Outward Bound Indonesia terhadap peserta ekspedisi di tahun lalu , kami mengidentifikasi keseluruhan peserta lebih memahami dan mempraktikkan nilai-nilai Pancasila serta Bhinneka Tunggal Ika dalam mempererat rasa persatuan dan kesatuan antar anak bangsa,” tegas Djoko.

 

Sumber :

https://daftarpaket.co.id/