Mensos: Setiap Anak Punya Hak Sama Dapatkan Pendidikan

Mensos Setiap Anak Punya Hak Sama Dapatkan Pendidikan

Mensos: Setiap Anak Punya Hak Sama Dapatkan Pendidikan

Mensos Setiap Anak Punya Hak Sama Dapatkan Pendidikan
Mensos Setiap Anak Punya Hak Sama Dapatkan Pendidikan

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan siapapun punya hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan termasuk anak-anak yang mengidap HIV pada kasus yang terjadi di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

“Anak-anak itu punya hak yang sama dimata negara termasuk hak mendapatkan pendidikan, itu prinsipnya,

” kata Mensos usai membuka Rakornas dalam rangka sinkronisasi dan keterpaduan program rehabilitasi sosial bagi eks narapidana teroris di Bekasi, Kamis.

Mensos mengatakan, saat ini kementerian yang dipimpinnya telah menurunkan tim untuk melakukan assessment dan pendekatan ke sekolah.

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI Edi Suharto mengatakan stigma tentang HIV masih melekat di tengah masyarakat bahwa penyakit tersebut penyakit menular.

“Solusinya adalah pendekatan ke sekolah, tapi bisa saja solusi untuk pindah sekolah karena mau tidak mau juga tidak bisa dipaksakan. Bisa saja sekolah menerima tapi anak-anak lainnya belum tentu, bisa saja memunculkan perundungan,” tambah Edi.

Namun ia menyayangkan kenapa peristiwa tersebut bisa terjadi dan sangat disayangkan identitas

ketiga anak tersebut sampai diketahui publik.

Sebelumnya Yayasan Pusaka Indonesia (YPI) mengecam dilarangnya tiga siswa pengindap HIV di Desa Nainggolan,Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, untuk bersekolah karena masyarakat takut akan tertular penyakit yang belum ada obatnya tersebut.

“Kami sangat mengecam diskriminatif itu, jangan rebut hak mereka untuk bersekolah,”

kata Ketua Badan Pengurus YPI, Zahrin Piliang di Medan, Rabu.

Bahkan ketiga anak yang masih berusia 12 tahun itu terancam diusir dari Kabupaten Samosir, karena masyarakat dimana ketiganya tinggal tidak mau ketiga anak itu bersekolah di tempat yang sama dengan anak-anak mereka.

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/