Persebaran Islam di Indonesia

Persebaran Islam di Indonesia

Sekitar abad ke 7 Masehi, agama Islam terasa masuk ke kawasan Indonesia. Daerah yang pertama kali terima ajaran Islam yakni Samudra Pasai yang terdapat di Pesisir Aceh Utara. Selain Samudra Pasai, Malaka pun menjadi tidak benar satu daerah yang banyak dikunjungi para pedagang muslim. Malaka punyai letak yang memadai stategis dalam jalinan layanan dan Pedagangan Asia Timur, Asia Selatan dan Asia Barat.

Islam makin berkembang ke beragam daerah di Indonesia. Islam terasa tersebar ke wilayah Kalimantan Bara, Sumatera Selatan dan Pulau Jawa. kira-kira th. 1511, Malaka jatuh ke tangan Portugis yang membuat para pedagang lebih menentukan bergeser ke Aceh. Dari wilayah Aceh, mereka lakukan beragam kegiatan perdagangan di selama Pantai Barat Sumatera dan konsisten lewat Selat Sunda hingga di Pantai Utara Pulau Jawa. Hingga abad ke 18, ajaran Islam udah makin berkembang dan tersebar luas di beragam kawasan di Indonesia, namun belum seluruh wilayah Indonesia yang terima ajaran Islam.

Hal-hal yang turut menopang proses penyebaran Islam di antaranya melalui perdagangan, pernikahan, pendidikan, politik, dan kebudayaan.
Melalui perdagangan, persebaran terjadi dikarenakan terdapatnya jalinan antara pedagang-pedagang Islam bersama dengan penduduk Indonesia. Atau sebaliknya, pedagang-pedagang Indonesia yang lakukan kunjungan ke Arab.
Melalui pernikahan. Para pedagang Islam kebanyakan merupakan orang-orang kaya dan terpandang bersama dengan budi bhs yang santun dan jujur. Oleh dikarenakan itu, penduduk setempat tertarik untuk menikahkan putri-putrinya bersama dengan para pedagang muslim itu. Atau sebaliknya, para pedagang muslim yang menikahkan kerabat perempuannya bersama dengan penguasa lokal. Karena pernikahan itu, maka terbentuklah keluarga Islam yang lantas berkembang menjadi perkampungan muslim.

Penyebaran melalui cara pendidikan langsung, kebanyakan ditunaikan oleh para ulama yang singgah ke Indonesia untuk menyebarkan Islam. Para ulama itu lantas mendirikan pesantren atau sekolah. Keberadaan pesantren dan sekolah terhadap pada akhirnya mengarahkan penduduk di kawasan itu untuk memeluk Islam.
Proses penyebaran Islam secara politis, kebanyakan melalui para penguasa. Karena mereka membawa pengaruh besar dalam masyarakat, maka keberadaannya sangat disegani oleh rakyat. Hal ini berakibat makin luas pengaruh politiknya, makin luas pula penyebaran pengaruh Islam. contoh teks eksplanasi

Penyebaran Islam melalui cara kebudayaan, ditunaikan oleh para tokoh dan seniman bersama dengan menyisipkan ajaran dan nilai-nilai Islam dalam tiap-tiap pertunjukan kesenian. Dengan demikian Islam lebih enteng diterima, sekaligus memperkaya budaya penduduk setempat.

Demikianlah ulasan mengenai Persebaran Islam di Indonesia, yang terhadap peluang kali ini bisa dibahas bersama dengan singkat. Semoga berfaedah bagi anda para pembaca dan untuk kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih anda udah singgah maupun membaca ulasan di atas.

Baca Juga :