Proses Perkembangan Politik Aliran

Proses Perkembangan Politik Aliran

Proses Perkembangan Politik Aliran

Proses Perkembangan Politik Aliran

Berkembangnya kehidupan politik

Berkembangnya kehidupan politik (system poilik) sebagai konsekuensi adanya kehidupan masyarakat yang majemuk (diferensiasi sosial) dan pelapisan sosial  (stratifikasi sosial) di samping proses-proses sosial yang lain. Konsep tentang politik muncul dalam kehidupan masyarakat terutama dari lapisan kelas atas (pengusaha/kaum elit) dalam usaha mengatur, mengorganisasikan,dan mempersatukan segenap lapisan masyarakat. Sehingga dapat dicapai keseimbangan kekuasaan, keseimbangan hak-hak, dan kewajiban warga masyarakat, keseimbangan dalam kesejahteraan, ketertiban, keamanan, dan keteraturan dalam hidup bermasyarakat.

Konsep tentang politik

Konsep tentang politik dalam prosesnya berkembang menjadi budaya politik, berkembangnya budaya politk ini sejalan dengen proses perkembangan(development), perubahan (change), dan bahkan mutasi (mutation) kehidupan sosial warga masyarakat.

Budaya politik merupakan polla sikap perilaku warga masyarakat dalam orientasinya terhadap kehidupan politik tertentu. Budaya politik ini melekat pada setiap masyarakat, baik masyarakat tradisional, maupun modern. Budaya politik dalam kehidupan masyarakat  modern sering dikenal peradaban politik (political civilization) yang dihubungkan dengan tingkat kebbudayaan dan  IPTEK yang tinggi. System politik menyangkut hubungan antarinvidudalam kekuasaan, wewenang, nilai, dan norma sosial, keseimngan hak dan kewajiban. Ilmu politik, seperti ilmu sosial yang meletakkan manusia dalam kehidupan masyarakat sebagai titk sentalnya.

Budaya politik

Budaya politik suatu masyarakat tampak dari perilaku politiknya (poiticalbehavior). Robert K. Carr (dalam American Demorcracy in Theory  in Practice,1961) mmerumuskan bahwa perilaku adalah gambaran tentang sikap perilaku manusia dalam situasi politik. Situsi politik mencakup, kebijakan yang diterapkan pemerintah, opini politik yang berkembang dalam masyarakat, peran lembaga, dan organisasi politik. Membudayakan konsep politik masyarakat dalam perkembangannya menumbuhkan munculnya aliran-aliran politik atau politik aliran sehingga dikenal adanya politik atas dasar agama, atas dasar kenyataan, dan aliran politik atas dasar kekaryaan.

 

Sumber : https://www.dosenpendidikan.co.id/