Di Kota Ini, SMAN 1 Manyar Paling Diserbu

Di Kota Ini, SMAN 1 Manyar Paling Diserbu

Di Kota Ini, SMAN 1 Manyar Paling Diserbu

Di Kota Ini, SMAN 1 Manyar Paling Diserbu
Di Kota Ini, SMAN 1 Manyar Paling Diserbu

Ribuan lulusan SMP sederajat berebut bangku SMA dan SMK negeri. Pada hari pertama PPDB online

Senin (3/7), hampir semua sekolah diserbu pendaftar. Hanya SMAN 1 Sangkapura yang pendaftarnya belum mencapai pagu. Situasi itu masih bisa berubah.

Berdasar informasi laman resmi PPDB online, hingga pukul 18.00 awal pekan itu, tercatat ada 3.904 siswa yang mendaftar ke SMA. Total pagu 12 sekolah adalah 3.628 siswa baru. Adapun jumlah lulusan SMP pada 2017 mencapai 18.901 siswa.

Di antara 12 SMA di Kota Pudak, pendaftar sudah memenuhi semua pagu. Hanya SMAN 1 Sangkapura,

Bawean, yang pendaftarnya belum mencapai pagu. ”Situasi itu masih bisa berubah karena pendaftaran berakhir pada Kamis (6/7),” ujar Kasi Pembelajaran SMA/SMK Cabang Dispendik Gresik Rita Riana Senin itu.

Dia mengaku sudah mengontak SMAN 1 Sangkapura. Jumlah lulusan SMP di Bawean diperkirakan cukup untuk menutupi pagu. Hanya, saat ini sebagian siswa Bawean masih menunggu. Mereka bakal melakukan pendaftaran pada akhir masa pendaftaran. Calon peserta didik masih mamantau peluang dengan melihat nilai ujian nasional (unas) pendaftar sebelumnya.

Menurut Rita, sistem zona berhasil. Semua sekolah diserbu siswa. Bukan hanya lembaga pendidikan di wilayah perkotaan yang dikesankan favorit. Sekolah pinggiran juga diserbu pendaftar.

Hanya, lanjut dia, jumlah pendaftar terbanyak memang masih berada di zona II. Pendaftar SMAN 1

Manyar, SMAN 1 Gresik, dan SMAN 1 Kebomas membeludak. Paling tinggi adalah SMAN 1 Manyar.

Sekolah di kawasan Perumahan GKB tersebut diminati 1.349 siswa. Itu baru sampai pukul 18.00 Senin (3/7). Padahal, pagu jalur reguler hanya mencapai 409 siswa.

Calon peserta didik yang tidak lolos bakal mendaftar ke sekolah lainnya. Bisa juga ke sekolah swasta. ”Sebab, kesempatan mendaftar hanya sekali. Kami sudah menegaskan, lebih baik masuk zona,” ungkap Rita.

Dia mengingatkan, PPDB memang belum tuntas. Ranking siswa masih bisa bergeser. Pengumuman resmi diunggah pada Jumat (7/7). Hingga saat ini, nilai unas tinggi belum menjadi jaminan bisa diterima. Sebab, zona tetap menjadi patokan utama penerimaan.

Sistem akan menggeser pendaftar yang tetap ngeyel masuk sekolah di zona lain secara otomatis. Antusiasme peserta didik tinggi pada pendaftaran hari pertama. Ada siswa yang login sejak pukul 00.02. Artinya, begitu PPDB online dimulai, langsung ada yang daftar.

 

Sumber :

https://harare.storeboard.com/blogs/education/material-about-building-a-beam-room/965003