EKOLOGI PARASIT

EKOLOGI PARASIT

EKOLOGI PARASIT

EKOLOGI PARASIT
EKOLOGI PARASIT

Dalam usaha menentukan usaha kebijakan pencegahan, pengendalian

dan pemberantasan penyakit parasiter, maka pengetahuan ekologi parasit tidak boleh diabaikan. Dalam mempelajari ekologi parasit, setidak – tidaknya ada tiga factor yang berperan antara lain : (1) Parasit, (2) Hospes dan (3) Lingkungan yang saling mempengaruhi dan saling berhubungan dalam mempengaruhi persentase kejadian (Prevalensi infeksi ) atau Tingkat infeksi (Intensitas infeksi).

 

FAKTOR PARASIT

yang dominant berpengaruh antara laincara penyebaran(siklus hidup),Viabilitas (daya tahan hidup) Patogenitas dan ImmunogenitasnyaCara penyebaran (siklus hidup) berpengaruh terhadap ekologi parasit, sebagai contoh pada penyakit cacing hati Fasciola gigantica, jika siput Lymnaea sp tidak ada maka siklus hidup cacing hati akan terputus dan penyakit akan lenyap. Viabilitas (daya tahan hidup), dari setiap parasit daya tahan hidupnya berbeda-beda, sebagai contoh telur cacing Neoascaris sp lebih tahan kekeringan jika dibandingkan dengan telur Ascaris lainnya, sehingga pada daerah kering prevalensi dan intensitas infeksi Neoascaris sp umumnya akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan Ascariasis. Patogenitas, satu jenis parasit menimbulkan kesusakan yang berbeda pada setiap jenis hewan dan bahkan pada hewan yang sama. Contoh Eimeria tenella patogenitasnya paling tinggi dibandingkan dengan Eimeria (necatrix, acervulina, pre cox)Immunogenitas,tidak semua parasit bisa merangsang terbentuknya tanggap kebal (kekebalan),selain itu dari satu jenis yang berbeda varietasnya respon kekebalan yang terbentuk mungkin bisa jauh berbeda.

 

FAKTOR HOSPES

yang paling dominant darihospes mempengaruhi ekologi parasit antara lain : umur, ras, jenis kelamin, status immunitas dan status nutrisi.

 

FAKTOR LINGKUNGAN

lingkungan merupakan faktor yang sangat penting dan sangat komplek dalam mempengaruhi ekologi parasit. Lingkungan yang paling dominant berpengaruh terhadap ekologi parasit seperti musim, curah hujan, suhu, sinar matahari, keadaan geografi, tatalaksana peternakan

Sumber : https://www.okeynotes.com/blogs/212521/19551/contoh-teks-eksplanasi