PROPOSAL PENULISAN ILMIAH

PROPOSAL PENULISAN ILMIAH

PROPOSAL PENULISAN ILMIAH

PROPOSAL PENULISAN ILMIAH
PROPOSAL PENULISAN ILMIAH

Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi sekarang ini semakin pesat. Yang mempengaruhi segala bidang, terutama bidang perdagangan melalui internet atau e-commerce menyediakan informasi perdagangan sehingga memudahkan user untuk mencari dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan tentang perdagangan atau jual beli melalui internet. Untuk mendapatkan informasi tantang e-commerce di internet dapat dilakukan dengan mengunjungi situs (website) yang berhubungan dengan informasi yang dibutuhkan atau dapat dengan pencarian disitus pencari, seperti yahoo, google, dan sebagainya.

Distro Zonic Hyperwear yang telah berdiri sekitar 7 tahun  yang lalu ini merupakan salah satu  distro di daerah Depok Timur yang memberikan pelayanan bagi masyarakat untuk mendapatkan baju, celana jeans, sweater, jaket, dan sebagainya. Tapi dalam melakukan promosi ini kurang efektif karena jangkauannya terlalu sempit, sehingga konsumen yang datang hanya berasal dari sekitar lokasi  Distro Zonic Hyperwear tersebut. Yang mengakibatkan distro ini hanya diketahui oleh masyarakat yang tinggal di Depok Timur dan sekitarnya dan sulit untuk masyarakat di daerah lainnya untuk mengetahui tentang Distro Zonic Hyperwear ini karena masalah jarak dan waktu.

Dengan melihat permasalahan yang dihadapi oleh Distro Zonic Hyperwear dalam melakukan promosi, sehingga penulis berencana untuk mencari solusi yang tepat untuk dapat menangani permasalahan tersebut. Dengan perkembangan teknologi saat ini, salah satunya adalah dengan menggunakan website atau situs web zonic Hyperwear agar masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan informasi mengenai Distro Zonic Hyperwear ini tanpa mempermasalahkan jarak dan waktu

Berdasarkan latar belakang permasalahan maka penulis membuat Penulisan Ilmiah : PEMBUATAN WEBSITE DISTRO ZONIC HYPERWEAR MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL.

 

1.2 Batasan Masalah

 

Website Distro Zonic Hyperwear ini dibuat menggunakan aplikasi pemrograman  Macromedia Dreamwaver 8. Elemen – elemen yang digunakan dalam pembuatan website ini adalah teks, gambar dan animasi. Penulisan ini hanya terbatas pada pembuatan website Distro Zonic Hyperwear, dimana didalamnya berisi informasi tentang Distro Zonic Hyperwear, informasi yang berkaitan dengan produk, informasi tentang merk baju, celana panjang, jaket, sweater dan formulir pendaftaran unuk pelanggan baru. Didalam website ini, user dapat bergabung menjadi member untuk pemesanan produk dan fasilitas pembayaran dilakukan secara online melalui transfer sebesar 50% dari jumlah harga pemesanan produk sebagai uang muka, sisanya dapat dilunasi setelah produk yang dipesan telah sampai ditangan pemesan. Website ini baru bias melayani pembelian untuk wilayah jabodetabek.

 

1.3 Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah membangun website Distro Zonic Hyperwaer yang ditujukan untuk masyarakat luas agar mereka mengetahui keberadaan Distro Zonic Hyperwear, informasi produk yang dijual dan informasi jenis baju, celana panjang, jaket, dan sweater.

1.4 Metode Penelitian

 Untuk menyelesaikan penyusunan ilmiah ini, penulis melakukan pengumpulan data dan keterangan dengan 7 metode, yaitu:

  1. Studi Pustaka

Merupakan teknik pengumpulan data dengan metode studi pustaka (literatue). Informasi diperoleh dari berbagai sumber artikel dari majalah/surat kabar, internet dan lain sebagainya.

  1. Obsevasi

Yaitu teknik pengumpulan data dengan cara mengadakan survey langsung dan melakukan wawancara dengan pemilik Distro Zonic Hyperwear tersebut.

  1. Identifikasi Masalah Dan Analisa Kebutuhan Sistem

Yaitu teknik pengumpulan data dengan melakukan perumusan masalah yang dihadapi Distro Zonic Hyperwear dan dibuatkan website yang dapat mengatasi permasalahan tersebut.

  1. Perancangan

Membuat struktur navigasi, membuat rancangan tampilan website Distro Zonic Hyperwear yang berisi informasi tantang Distro zonic Hyperwear, informasi produk yang dijual, jenis baju yang dijual.

  1. Uji Coba

Yaitu malakukan uji coba, apakah website yang telah dibuat telah lengkap dan sempurna atau masih kurang.

  1. Implementasi

Yaitu melakukan posting ke internet agar masyarakat tahu antang Distro Zonic Hyperwear.

  1. Pelatihan Operator

Yaitu melakukan pelatihan untuk memaksimalkan dalam memanfaatkan website yang telah dibuat, agar sesuai dengan tujuan awal.

1.5 Sistematika Penulisan

 Adapun penulisan ilmiah ini dengan struktur sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN

Bab ini menjelaskan tentang latar belakang penulisan, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan ilmiah ini.

BAB II : LANDASAN TEORI

Bab ini berisi mengenai Distro Zonic Hyperwear, internet, e-commerce, penjelasan singkat tentang Macromedia Dreamwaver 8 dan bagai mana cara penggunaanya.

BAB III : PEMBAHASAN

            Dibab ini akan dibahas cara-cara pembuatan homepage Distro Zonic Hyperwaear yang digunakan sebagai media promosi serta memberikan informasi mengenai baju.

BAB IV : PENUTUP

                        Berisi kesimpulan dan saran.

 

Sumber : http://againdonesia.co.id/trik-cepat-belajar-bahasa-asing/