ANALISIS DAN PEMBAHASAN

ANALISIS DAN PEMBAHASAN

ANALISIS DAN PEMBAHASAN

ANALISIS DAN PEMBAHASAN
ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Pada bab ini dibahas masalah pokok, yaitu bagaimana membuat website zonic-hyperware.freevar.com dengan menggunakan teknologi PHP. Website ini terdiri dari page-page yang menggunakan bahasa HTML untuk membuat tampilan dan kode-kode PHP pada halaman-halaman requestresponsepasswordviewadddelete, dan edit. Sehingga website ini menjadi dinamis dan lebih interaktif dan dibahas juga tentang bagaimana cara meng-upload suatu halaman website yang telah dibuat ke dalam browser, serta cara mengkoneksikan file database ke dalam halaman website.

 

3.1 Persiapan Perangkat Pembuatan Website

Dalam membuat aplikasi yang berbasis PHP, ada dua peralatan yang harus disiapkan dan dibutuhkan, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras (hardware) yang digunakan oleh penulis dalam proses pembuatan website ini yaitu :

  • Processor Intel Pentium III 2.6 GHz
  • RAM 512 MB PC 3200
  • Hard Disk Seagate 160 GB

Sedangkan perangkat lunak (software) yang digunakan, yaitu :

  • Notepad
  • Browser Mozilla Firefox 3.5.3
  • MySQL sebagai database
  • Apache sebagai web server.

Proses yang dilakukan dalam membuat aplikasi ini dapat dipisahkan menjadi empat bagian. Keempat bagian utama yang harus disediakan dalam pembuatan web menggunakan PHP, yaitu berkas sumber Web Editor, Web Server, Database, dan Web Browser.

 

3.1.1 Web Editor

Web editor merupakan software yang digunakan untuk menyunting dokumen-dokumen web. Web editor yang digunakan penulis ada dua, yaitu :

  1. Editor Teks

Editor teks adalah suatu pengolahan yang digunakan untuk menyunting dokumen teks yang diikutsertakan pada webpage yang dibuat sendiri. Ada dua jenis yaitu pengolah teks regular seperti Notepad pada Windows, dan editor HTML WYSIWYG (What You See Is What You Get) seperti Macromedia Dreamweaver MX.

  1. Editor Citra

Editor citra adalah suatu pengolah yang digunakan untuk menyunting dokumen citra yang diikutsertakan pada webpage yang dibuat. Biasanya digunakan untuk menyunting gambar atau animasi seperti logo institusi, foto, atau hanya tulisan-tulisan yang digunakan sebagai penunjuk pada link.

 

3.1.2 Web Server

Pada penulisan ini, penulis menggunakan web server Apache. Agar Apache dapat dijalankan, terlebih dahulu penulis melakukan instalasi Wampserver. Dengan melakukan instalasi softwareWampserver, maka akan langsung terinstall server Apache dan database MySQL.

 

3.1.3 Database

Dalam hal ini termasuk pembuatan dan pengkoneksian database. Database yang akan digunakan pada web telah dibuat pada MySQL. Untuk menghubungkan antara database dan web, haruslah dibuat suatu koneksi yaitu dengan cara menggunakan fungsi mysql_connect.

Bentuk pemanggilannya :

mysql_connect(dbhostname, dbusername, dbpassword)

dalam hal ini :

  • dbhostname menyatakan nama host tempat MySQL berada,
  • dbusername adalah nama pemakai yang digunakan untuk melakukan hubungan dengan database yang telah dibuat,
  • dbpassword adalah password pemakai database.

Contoh :

            $con = mysql_connect(“localhost”,”oncom”,”test”);

Merupakan perintah untuk membentuk hubungan ke database MySQL yang terdapat pada localhost, dengan pemakai berupa oncom, dan password berupa test. Pengenal hubungan disimpan pada variabel con.

 

3.1.4 Web Browser

Pada penulisan ilmiah ini jenis web browser yang digunakan tidak dipentingkan, karena pada dokumen PHP, PHP adalah browser independent, yaitu script-script yang digunakan diterjemahkan dan diproses di server bukan di client (web browser), sehingga script-script yang telah dibuat dapat dilihat tampilannya di browser manapun. Namun dalam pembuatan website ini penulis menggunakan Mozilla Firefox 3.5.3.

3.2 Implementasi

Dalam pembuatan website ini, langkah-langkah yang penulis lakukan adalah sebagai berikut :

  1. merancang website
  2. membuat storyboard
  3. menyiapkan berkas database
  4. membuat berkas-berkas PHP
  5. memeriksa semua link
  6. memeriksa hasil proses pengiriman dan penerimaaan data
  7. mengupload file website

Sumber : http://sepatu-futsal.com/trik-jitu-mendidik-anak-agar-kreatif-dan-cerdas/