Setting dan Konfigurasi WordPress

Setting dan Konfigurasi Wordpress

Setting dan Konfigurasi WordPress

Setting dan Konfigurasi WordPress
Setting dan Konfigurasi WordPress

 

Bagi anda yang mau mencoba untuk membuat blog dalam tema apapun

Dengan tools wordpress silahkan simak artikel yang akan saya buat.Nah sebelum memulai saya akan menjelaskan apa itu domain dan hosting? secara sederhananya domain merupakan salah satu penamaan dari sebuah website atau web blog misalnya .com/.net/.info/.co.cc dan hosting merupakan tempat / space dimana domain itu akan dikelola besarnya space tergantung paket yang anda beli kalau anda hanya untuk membuat blog paket yang 250mb juga cukup dan apabila mulai kekurangan bisa upgrade pada paket yang anda butuhkan. baik supaya tidak kelamaan sekarang saya akan menulis artikel tebtang cara setting dan konfigurasi wordpress, untuk memulainya  Silahkan anda login dengan http://namablog.com/wp-admin apapun itu yang penting anda sudah mempunyai domaindan hosting.

Setelah anda login akan tampak pada gambar dibawah ini

Jika anda sebagai pemula seperti saya yang perlu anda setting tidak harus semuanya tapi liat posisi settingan general, permalink, theme dan plugin saja untuk yang lainnya silahkan utak-atik sambil berjalan karena jika anda terus-terusan berkutit di dalm menu admin maka blog tersebut tidak akan jadi-jadi, seperti pengalaman saya dulu pada saat mulai belajar wordpress dan apa itu wordpress saya terus-terusan mengutak-atik isi dari login admin pada wordpress, maklum baru pertama kali mempunyai website dan itupun dibikinin orang pada waktu itu. dan saya dibikin pusing dengan isi dari menu admin pada wordpress, heuheuheu maklum baru punya pada waktu itu, oke balik lagi pada pembahasan dari web blog yang baru anda buat.

Pada menu general setting

Silahkan rubah header pada tampilan halaman utama, penjelasan dari isi keseluruhan blog dan zona anda.
Pada menu permalink silahkan pilih Custom Structure pada pilihan form kosong, untuk form kosong tersebut isi dengan ( %postname% ) fungsinya supaya pada saat anda posting google akan mudah mengindex blog anda karena pada link anda akan membentuk kata kunci sesuai judul yang anda bidik. misalnya
pada menu plugin silahkan tambahkan plusin-plugin yang diperlukan saja jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit sesuaikan dengan kepentingan search engine / mesin pencari seperti googlemsnaskyahoo dan masih banyak search engine populer di alam maya sana.

Plugin yang perlu anda install misalnya :

Akismet fungsinya untuk menyaring spam yang masuk ke blog kita.
Google analytic fungsinya untuk mengetahui sejauh mana trafic dari pengunjung blog anda.
Google Xml SiteMap 
H1, H2
Video Plugin
Images Plugin
All In One Seo Pack
dan silahkan cari plugin apa yang anda butuhkan karena sangat banyak plugin yang ada pada wordpress dengan fungsi-fungsi tertentu. Untuk tema apabila anda tidak mau dipusingkan silahkan pilih tema default aja itupun sudah lumayan bagus dan ramah search engine.
Setelah anda setting  sesuai dengan kebutuhan take action untuk posting dan tulis apa yang anda mau berikan terhadap pencari informasi di dunia maya. Berikut adalah informasi tentang setting internet dengan modem\